Agar Kolesterol Tetap Normal Ikuti Tips Berikut!

Agar Kolesterol Tetap Normal – Kolesterol merupakan jenis steroid yang paling umum di dalam tubuh. Kolesterol memiliki reputasi terkait dengan peningkatan risiko penyakit jantung dan pembuluh darah. Namun, kolesterol sangat penting untuk pembentukan asam empedu, vitamin D, progesteron, estrogen (estradiol, estrone, estriol), androgen (androsteron, testosteron), hormon mineralokortikoid (aldosteron, kortikosteron), dan hormon glukokortikoid (kortisol). Kolesterol juga diperlukan untuk permeabilitas normal dan fungsi membran yang mengelilingi sel.

Agar-Kolesterol-Tetap-Normal-Ikuti-Tips-Berikut!

Sebagian besar kolesterol dalam aliran darah kita (75%) diproduksi oleh hati, dan 25% sisanya berasal dari makanan yang kita makan. Kita semua tahu bahwa kadar kolesterol darah tinggi tidak baik untuk kesehatan Anda, tetapi kadar kolesterol yang tepat sebenarnya memainkan peran penting dalam menjaga membran sel dan mensintesis hormon.

Baca juga : “Herbal Untuk Atasi Kolesterol Tinggi

Kolesterol tinggi biasanya tidak menyebabkan gejala apa pun. Dalam kebanyakan kasus hanya menyebabkan peristiwa darurat. Misalnya, serangan jantung atau stroke dapat disebabkan oleh kerusakan yang disebabkan oleh kolesterol tinggi.

Tes darah adalah satu-satunya cara untuk mengetahui apakah kolesterol Anda terlalu tinggi. Ini berarti memiliki kadar kolesterol darah total di atas 240 miligram per desiliter (mg / dL). Minta dokter Anda untuk memberi Anda tes kolesterol setelah Anda berusia 20 tahun. Kemudian periksa kembali kolesterol Anda setiap 4 hingga 6 tahun.

Bagaimana cara menjaga kolesterol tetap normal? Berikut beberapa tips yang bisa Anda terapkan!

  • Olahraga. Aktivitas fisik membantu menurunkan berat badan dan meningkatkan kadar HDL. Olahraga terbaik yaitu berdurasi 30 sampai 60 menit sehari berjenis cardio.
  • Makan lebih banyak serat. Makanan seperti buah dan sayur segar sangat baik untuk menjaga kolesterol normal.
  • Pilih lemak sehat. Minyak zaitun, alpukat , dan kacang – kacangan semuanya mengandung lemak yang tidak akan meningkatkan LDL.
  • Batasi asupan kolesterol. Kurangi jumlah makanan berlemak tinggi seperti keju, susu utuh, dan daging merah tinggi lemak, dan lain-lain terutama yang mengandung lemak jenuh dan lemak trans.
  • Berhenti merokok. Merokok meningkatkan risiko penyakit jantung dengan beberapa cara. Salah satunya dengan mengubah cara tubuh menangani kolesterol, kadar HDL cenderung rendah, dan kolesterol total naik.
  • Batasi atau hindari alkohol. Bila digunakan secukupnya, etanol dalam minuman beralkohol meningkatkan HDL dan mengurangi risiko penyakit jantung. Jika kebanyakan, justru membahayakan jantung dan meningkatkan risiko ketergantungan. Batas maksimal adalah dua gelas setiap hari untuk pria dan satu gelas untuk wanita.

Baca juga : “Tips-Tips Menjaga Kesehatan Lainnya di Pusat Propolis

Semoga tips Agar Kolesterol Tetap Normal ini bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *