Agar Tekanan Darah Normal Ikuti Tips Berikut Ini!

Agar Tekanan Darah Normal – Kapan terakhir kali Anda cek tekanan darah Anda? Direkomendasikan untuk melakukan pengecekan tekanan darah setidaknya setiap dua tahun sekali.

Agar-Tekanan-Darah-Normal-Ikuti-Tips-Berikut-Ini!

Menjaga tekanan darah Anda tetap terkendali adalah salah satu komitmen kesehatan terpenting yang dapat Anda buat. Karena jangan sesekali menganggap remeh penyakit tekanan darah tinggi yang biasa disebut-sebut dengan “silent killer” yang artinya dapat mengancam jiwa Anda secara tiba-tiba tanpa gejala.

Baca juga : “Cari Tahu Gejala Kolesterol Tinggi Di Sini!

Tekanan darah Anda tergantung pada seberapa banyak darah yang dipompa jantung Anda, dan seberapa besar resistensi terhadap aliran darah di arteri Anda. Semakin sempit arteri Anda, semakin tinggi tekanan darah Anda.

Tekanan darah lebih rendah dari 120/80 mm Hg dianggap normal. Tekanan darah yang 130/80 mm Hg atau lebih dianggap tinggi. Jika angka Anda di atas normal tetapi di bawah 130/80 mm Hg, Anda termasuk dalam kategori tekanan darah tinggi. Ini berarti Anda berisiko terkena tekanan darah tinggi.

Lalu bagaimana cara menjaga agar tetap normal?

1. Olahraga teratur

Olahraga adalah salah satu hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk menurunkan tekanan darah tinggi.

2. Kurangi asupan garam

Dalam banyak penelitian, garam telah dikaitkan dengan tekanan darah tinggi dan penyakit jantung.

3. Kelola stres

Stres adalah pendorong utama tekanan darah tinggi. Saat Anda mengalami stres kronis, tubuh Anda berada dalam mode pertarungan atau penerbangan yang konstan. Pada tingkat fisik, itu berarti detak jantung lebih cepat dan pembuluh darah menyempit.

4. Jaga berat badan

Jika Anda kelebihan berat badan, menurunkan berat badan dapat membuat perbedaan besar bagi kesehatan jantung Anda. Menurut sebuah studi 2016, kehilangan 5% dari massa tubuh Anda dapat secara signifikan menurunkan tekanan darah tinggi.

5. Berhenti merokok

Setiap kepulan asap rokok menyebabkan sedikit peningkatan tekanan darah sementara. Zat kimia dalam tembakau juga diketahui merusak pembuluh darah. Penelitian memang belum menemukan hubungan yang meyakinkan antara merokok dan tekanan darah tinggi. Mungkin ini karena perokok mengembangkan toleransi dari waktu ke waktu.

Namun, karena merokok dan tekanan darah tinggi meningkatkan risiko penyakit jantung, berhenti merokok dapat membantu membalikkan risiko itu.

Baca juga : “Informasi Seputar Darah Tinggi Lainnya di Pusatpropolis

Itulah beberapa tips Agar Tekanan Darah Normal yang bisa Anda lakukan. Keluarga dan teman yang mendukung dapat membantu meningkatkan kesehatan Anda. Jadi sayangi diri Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *