Cara Mudah Menghindari Maag Kronis Dengan Propolis

Cara Mudah Menghindari Maag Kronis Dengan Propolis – Hampir semua orang pernah mengalami sakit maag. Sakit maag merupakan jenis penyakit umum yang biasa dialami oleh seseorang. Secara garis besar, maag merupakan penyakit pada lambung yang diakibatkan oleh perdangan atau luka yang terdapat pada lambung. Sakit maag juga biasa di sebut tukak lambung yang biasanya berakibat, sakit perut, mual, perih dan pada kasus yang parah bisa menimbulkan kematian. Penyakit maag yang parah seperti itu disebut juga dengan maag kronis dan bisa beralih ke kanker lambung.

Cara Mudah Menghindari Maag Kronis Dengan Propolis

Cara Menghindari Maag Kronis

  1. Konsumsi Susu Kedelai

Menurut penelitian yang sudah dilakukan, ada banyak kandungan serat di dalam susu kedelai dan terbukti ampuh dalam mengatasi berbagai masalah pencernaan seperti perut kembung, radang pada saluran pencernaan dan juga mencegah penyakit maag ini kambuh.

  1. Jauhi Stres

Stres memang menjadi sumber dari segala macam penyakit termasuk sakit maag. Usahakan selalu untuk berpikir secara positif dan jauhkan stres sehingga sakit maag ini bisa dicegah dan tidak timbul kembali.

  1. Menghindari Rokok

Asap yang masuk ke dalam tubuh akibat merokok ini juga bisa meningkatkan produksi asam lambung dan jika ada luka pada lambung juga akan sangat sulit untuk disembuhkan. Langkah terbaik adalah jauhi merokok dan mulai berhenti menghisap zat nikotin ini sekarang juga.

  1. Hindari Makan Berlemak dan Berminyak

Makanan berlemak dan berminyak juga harus dihindari karena kedua jenis makanan ini akan sulit dicerna dalam lambung sehingga makanan akan tertinggal lebih lama pada lambung yang akhirnya akan meningkatkan tekanan lalu membuat LES menjadi lemas dan asam lambung akhirnya naik ke kerongkongan.

  1. Minum Air Putih Dengan Teratur

Minum air putih secara teratur tidak hanya menyehatkan tubuh dan mencegah bahaya dehidrasi, namun juga bisa mencegah maag kambuh. Berbagai racun dalam tubuh akan dinetralkan kembali seperti bakteri yang ada pada lambung. Air putih ini kemudian juga akan membuang berbagai bakteri ini bersama dengan air seni sehingga maag tidak kambuh kembali.

  1. Porsi Makanan Cukup

Penyebab dari maag kambuh salah satunya adalah karena pola makan yang tidak teratur, oleh karena itu jangan menunda jam makan anda dan konsumsi porsi yang cukup saat makan, dalam arti tidak terlalu berlebihan dan tidak terlalu sedikit.

  1. Konsumsi Makanan Lembut

Cara mudah untuk menghindari kambuhnya maag adalah dengan memilih asupan yang anda makan. Pilih jenis makanan yang mudah dicerna oleh lambung seperti pisang, bubur, brokoli dan wortel. Jika makanan yang anda konsumsi terlalu padat, maka kerja lambung semakin berat dan membuat lambung bekerja dengan ekstra.

Baca juga : Tips Sembuh Dari Maag Kronis Dengan Propolis”

 Cara Mudah Menghindari Maag Kronis Dengan Propolis

Cara Mudah Menghindari Maag Kronis Dengan Propolis

Cara Mengatasi Maag

  1. Perbaiki Pola Makan

Penyebab utama sakit maag adalah pola makan yang tidak teratur. Oleh karena itu pola makan yang teratur sangat dianjurkan untuk mengatasi sakit maag.

  1. Hindari Minuman Pemicu Produksi Asam Lambung

Selain menjaga pola makan, Anda juga harus menghindari minuman yang dapat memicu asam lambung seperti, minuman beralkohol, minuman bersoda dan kopi.

  1. Makanan Berserat

Makanan berserat sangat baik untuk pencernaan terutama untuk orang yang menderita sakit maag. Pada saat maag, sebaiknya konsumsi makanan yang lunak agar mudah dicerna. Adapun beberapa jenis makanan yang disarankan untuk anda penderita maag yaitu pisang, pepaya, kentang, sayur-sayuran, bubur, dan masih banyak lagi.

  1. Istirahat

Istirahat yang cukup dapat membantu mengatasi sakit maag. Selain istirahat, pola tidur juga perlu diperhatikan. Usahakan tidur selama 8 jam.

  1. Hindari Stress

Sakit maag juga bisa disebabkan oleh stress. Oleh karena itu usahakan untuk menghindari hal yang dapat menyebabkan stress.

  1. Obat-obatan

Obat maag adalah obat yang mengandung bahan-bahan yang efektif menetralkan asam lambung dan tidak diserap ke dalam tubuh sehingga cukup aman digunakan (sesuai anjuran pakai tentunya)

Cara Mudah Menghindari Maag Kronis Dengan Propolis

 

Propolis sangat bermanfaat pada Thymus yang merupakan tenaga kehidupan. Propolis membantu mengaktifkan kelenjar Thymus yang menjalankan sistem imunisasi tubuh. Kelenjar Thymus berada pada pangkal leher dan mengandung Lympocytes yang memberikan kekebalan pada kuman dan penyakit.

 

propolis

 

Terjemah QS An-Nahl 69 “Dari perut lebah itu ke luar minuman yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Tuhan) bagi orang-orang yang memikirkan.”

 

 

 

 

Sumber:

  • https://medium.com/@yutips.com/mengatasi-sakit-maag-dan-maag-kronis-dengan-cepat-dan-alami-61afebbf8f33
  • https://halosehat.com/penyakit/maag/cara-mencegah-penyakit-maag

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *