Gangguan Psikologis Akibat Bau Mulut Propolis

Gangguan Psikologis Akibat Bau Mulut Propolis – Bau mulut, juga disebut halitosis, bisa memalukan dan dalam beberapa kasus bahkan dapat menyebabkan kecemasan. Tidak mengherankan jika rak-rak toko dipenuhi

dengan permen karet, permen, obat kumur, dan produk lain yang dirancang untuk melawan bau mulut. Tetapi banyak dari produk ini hanya tindakan sementara karena mereka tidak mengatasi penyebab masalah.

Makanan tertentu, kondisi kesehatan dan kebiasaan adalah salah satu penyebab bau mulut. Dalam banyak kasus, Anda dapat memperbaiki bau mulut dengan kebersihan gigi yang tepat secara konsisten. Jika teknik perawatan diri sederhana tidak memecahkan masalah, temui dokter gigi atau dokter Anda untuk memastikan kondisi yang lebih serius tidak menyebabkan bau mulut Anda.

 

 

 

Gejala

Bau nafas spesifik dapat bervariasi tergantung pada penyebab masalah. Sebaiknya minta teman dekat atau kerabat untuk mengukur bau mulut Anda, karena sulit untuk menilai sendiri.

Gangguan Psikologis Akibat Bau Mulut Propolis – Jika tidak ada yang tersedia, satu cara untuk memeriksa bau tersebut adalah dengan menjilati pergelangan tangan Anda, biarkan hingga kering, dan kemudian cium. Bau yang tidak sedap di area pergelangan tangan ini kemungkinan akan menunjukkan bahwa Anda menderita halitosis.

Beberapa orang prihatin tentang napas mereka meskipun mereka mungkin memiliki sedikit atau tidak ada bau mulut. Kondisi ini disebut halitophobia dan dapat mengarah pada perilaku obor mulut yang obsesif.

 

Baca Juga: “Efek Bahaya dari Penyakit Gangren”

 

Penyebab

  • Kebersihan Gigi yang Buruk
    Bakteri memecah partikel makanan yang terperangkap di gigi atau mulut. Kombinasi bakteri dan makanan yang membusuk di mulut Anda menghasilkan bau yang tidak menyenangkan.
  • Menyikat juga menghilangkan plak, zat lengket yang menumpuk di gigi Anda dan menyebabkan bau. Penumpukan plak dapat menyebabkan gigi berlubang dan penyakit periodontal. Bau mulut juga bisa jadi masalah jika Anda memakai gigi palsu dan tidak membersihkannya setiap malam.
  • Makanan dan Minuman Kuat
    Ketika Anda makan bawang merah, bawang putih, atau makanan lain dengan bau yang kuat, perut Anda menyerap minyak dari makanan selama proses pencernaan. Minyak ini masuk ke aliran darah Anda dan perjalanan ke paru-paru Anda. Ini menghasilkan bau yang orang lain dapat perhatikan dalam napas Anda hingga 72 jam.
  • Merokok
    Merokok rokok atau cerutu menyebabkan bau tak sedap dan mengeringkan mulut Anda, yang bisa membuat bau napas Anda semakin memburuk.
  • Mulut kering
    Mulut kering juga bisa terjadi jika Anda tidak membuat air liur yang cukup. Air liur membantu menjaga mulut Anda bersih dan mengurangi bau. Mulut kering bisa menjadi masalah jika Anda memiliki kondisi kelenjar ludah, tidur dengan mulut terbuka, atau minum obat tertentu.
  • Penyakit periodontal
    Penyakit periodontal terjadi ketika Anda tidak mengeluarkan plak segera dari gigi. Seiring waktu, plak mengeras menjadi karang gigi. Anda tidak dapat menghapus karang gigi dengan menyikat gigi, dan itu dapat mengiritasi gusi Anda.

Sinus, Mulut, atau Kondisi Tenggorokan

Gangguan Psikologis Akibat Bau Mulut Propolis – Bau nafas yang buruk dapat berkembang jika Anda memiliki:

  • infeksi sinus
  • drainase postnasal
  • bronkitis kronis
  • infeksi pada sistem pernapasan bagian atas atau bawah Anda
  • Batu amandel juga bisa menjadi sumber bau mulut karena bakteri cenderung menumpuk di batu.

 

 

Gangguan Psikologis Akibat Bau Mulut Propolis

Bau mulut, secara medis disebut halitosis, dapat dihasilkan dari kebiasaan kesehatan gigi yang buruk dan mungkin merupakan pertanda masalah kesehatan lainnya. Bau mulut juga bisa diperburuk oleh jenis makanan yang Anda makan dan kebiasaan gaya hidup tidak sehat lainnya. Gangguan Psikologis Akibat Bau Mulut Propolis

Propolis Sebagai Obat kumur, Membantu Mempercepat penyembuhan dan mengurangi rasa sakit dan peradangan setelah operasi mulut. Propolis juga kini telah menjadi subjek penelitian kedokteran gigi. Uji klinis menunjukkan bahwa propolis dapat mencegah kerusakan gigi karena sifat antimikrobanya.

 

Cara pakai Secara Umum :

Dewasa diatas 12 tahun : Teteskan 3-5 ke dalam 200ml air hangat (telah dimasak sampai mendidih) diminum 2 kali sehari.
5 – 12 tahun : Teteskan 2-3 tetes kedalam air 50ml air hangat diminum 2kali sehari.
dibawah 5tahun : Teteskan 1-2 tetes ke dalam 10ml air hangat diminum 1 kali sehari

 

 

sumber:
https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/bad-breath/symptoms-causes/syc-20350922
https://www.webmd.com/oral-health/guide/bad-breath#1
https://www.healthline.com/health/bad-breath#1
https://www.medicalnewstoday.com/articles/166636.php

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *