Gejala Darah Tinggi Yang Wajib Anda Ketahui!

Gejala Darah Tinggi – Faktanya, 1 dari 5 orang yang memiliki tekanan darah tinggi tidak mengetahuinya. Itu karena tekanan darah tinggi tidak memiliki gejala apa pun kecuali jika kondisinya sudah sangat parah.

Gejala-Darah-Tinggi-Yang-Wajib-Anda-Ketahui!

Ada beberapa faktor pemicu tekanan darah tinggi seperti merokok, obesitas, stres, genetik, jarang olahraga, terlalu banyak konsumsi garam, dll. Tetapi penyebab sebagian besar hipertensi tidak diketahui. Kondisi ginjal atau kelenjar adrenalin terkadang menjadi penyebab tekanan darah tinggi.

Seperti halnya dengan penyakit kolesterol tinggi, penyakit darah tinggi termasuk “silent killer”. Jika mengabaikan penyakit ini karena Anda berasumsi penyakit darah tinggi memiliki gejala, Anda berarti sudah mengambil risiko berbahaya dalam hidup Anda. Satu-satunya cara untuk mengetahui Anda memiliki tekanan darah tinggi adalah memeriksakan diri ke medis.

Baca juga : “Simak Bahaya Hipertensi Berikut Ini!

Tetapi, jika tekanan darah Anda sangat tinggi yang artinya tekanan darah tinggi telah mencapai tahap yang parah atau mengancam jiwa, mungkin ada gejala yang harus diwaspadai, termasuk:

  • Sakit kepala parah
  • Mimisan
  • Kelelahan atau kebingungan
  • Masalah penglihatan
  • Nyeri dada
  • Sulit bernafas
  • Detak jantung tidak teratur
  • Darah dalam urin
  • Berdebar di dada, leher, atau telinga Anda

Tekanan darah tinggi lebih sering terjadi pada orang tua. Pada usia 45, lebih banyak pria mengalami hipertensi daripada wanita. Pada usia 65, ini terbalik dan lebih banyak wanita yang terkena dampak. Penderita diabetes memiliki risiko hipertensi lebih besar daripada mereka yang tidak menderita diabetes.

Memiliki anggota keluarga memiliki riwayat tekanan darah tinggi juga meningkatkan risiko Anda memilikinya juga. Sekitar 60% dari semua penderita diabetes juga memiliki hipertensi.

Tekanan darah tinggi yang tidak terkontrol dapat menimbulkan komplikasi diataranya serangan jantung, stroke, gagal jantung, sindrom metabolik, dementia, gagal ginjal, dll. Oleh karenanya, segera cek tekanan darah Anda secara rutin.

Baca juga : “Informasi Seputar Penyakit Darah Tinggi Lainnya

Jika Anda memiliki tekanan darah tinggi, perubahan gaya hidup dapat membantu menormalkan dan mencegah tekanan darah naik.
Sekian informasi Gejala Tekanan Darah Tinggi, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *