Gula dan Nyeri Sendi Apa Ya Hubungannya?

Gula dan Nyeri Sendi – Gula merupakan salah satu golongan karbohidrat yang rasanya manis. Ini juga merupakan bahan bakar yang cepat dan mudah untuk digunakan tubuh. Beberapa jenis gula adalah laktosa, glukosa, fruktosa, dan sukrosa.

Gula-dan-Nyeri-Sendi-Apa-Ya-Hubungannya

Di sini ada hubungan langsung antara gula, peradangan dan nyeri sendi. Peradangan adalah respons sehat sistem kekebalan tubuh untuk memulihkan area yang terkena menjadi normal setelah cedera, iritasi, atau infeksi. Namun, sebagai respons terhadap asupan gula yang tinggi, termasuk karbohidrat sederhana, tubuh dibanjiri insulin dan hormon stres.

Ini membanjiri suplai darah Anda yang memicu proses peradangan yang menciptakan stres dan nyeri pada organ dan persendian Anda. Semakin sedikit gula yang Anda makan, semakin sedikit peradangan yang Anda alami, dan semakin kuat sistem kekebalan Anda untuk melindungi Anda dari penyakit menular dan degeneratif.

Baca juga : “Perhatikan Gejala Nyeri Pada Sendi Berikut Ini!

Gula juga berkontribusi pada nyeri sendi dan kekakuan yang dialami akibat penuaan melalui proses yang disebut glikasi. Glikasi terjadi ketika ikatan gula dengan protein untuk membentuk senyawa yang disebut produk akhir glikasi lanjutan, atau AGEs. Senyawa ini merusak sel dalam tubuh dengan mempercepat proses oksidatif dan mengubah perilaku sel normal.

AGEs dianggap sebagai faktor utama dalam penuaan serta berkontribusi terhadap banyak penyakit kronis terkait usia. Penelitian telah menunjukkan bahwa akumulasi AGEs di jaringan sendi menyebabkan perubahan pada tulang rawan artikular, membuat tulang rawan lebih rentan terhadap kerusakan dan perkembangan osteoartritis.

Banyak hal yang dapat menyebabkan nyeri sendi kronis, tetapi lebih sering daripada tidak, peradangan adalah penyebabnya dengan gula sebagai antagonis terbesarnya. Rasa sakit yang Anda rasakan di persendian yang kaku dan pegal adalah cara tubuh Anda memberi tahu bahwa ada peradangan. Alih-alih beralih ke obat nyeri sarat efek samping dan pil yang dijual bebas, dengarkan pesan yang dikirimkan rasa sakit Anda.

Baca juga : “Tips-Tips Menjaga Kesehatan Sendi di Pusat Propolis

Saatnya mengurangi asupan gula dan memenuhi kebutuhan tubuh Anda baik secara nutrisi maupun topikal untuk mengurangi peradangan dan berfungsi dengan baik. Kesehatan jangka panjang Anda bergantung padanya.

Faktanya, sebagian besar bentuk nyeri sendi dan nyeri otot melibatkan peradangan dan, bahkan jika nyeri adalah akibat trauma, gejala dapat diperburuk dan diperpanjang dengan mengonsumsi makanan tinggi gula. Sekian informasi Gula dan Nyeri Sendi ini, semoga bermanfaat.

 

Sumber :

https://www.organicexcellence,com/blogs/news/sugar-inflammation-and-joint-pain
https://www.vtfc,com/vtfc/news/this-just-in-over-consumption-of-sugar-contributes-to-muscle-joint-pain

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *