Kegunaan Propolis Untuk Bibir Pecah

Kegunaan Propolis Untuk Bibir Pecah – Bibir pecah-pecah dapat menyebabkan kulit pada bibir Anda retak, mengelupas, dan berdarah. Semua orang pasti pernah mendapatkan bibir pecah-pecah pada waktu-waktu tertentu. Tapi, tahukah Anda bahwa bibir pecah-pecah juga bisa menunjukkan penyakit atau kondisi tertentu yang mendasari dan yang Anda tidak ketahui? Selain kekurangan vitamin, dehidrasi, dan menggunakan pasta gigi yang salah, ternyata ada beberapa penyebab bibir pecah-pecah lainnya yang jauh lebih serius. Jika pengobatan rumah dan lip balm tidak membantu, maka Anda kemungkinan menderita beberapa penyakit berikut ini.

Kegunaan Propolis Untuk Bibir Pecah

Penyebab dan Gejalanya

Bibir memiliki kondisi unik dibandingkan dengan bagian kulit lainnya. Bagian ini tidak dibekali kelenjar minyak untuk menjaga kelembapan. Oleh karena itu, paparan sinar matahari saat musim kemarau atau rendahnya kelembapan udara bisa menjadikan bibir kering. Kondisi tersebut bisa makin memburuk jika kita tidak melakukan perawatan dengan baik terhadap bibir.

Satu hal yang terkadang menjadi kebiasaan adalah kita seringkali menjilati bibir sendiri apabila bibir terasa kering. Padahal, kebiasaan ini tidak dianjurkan karena semakin sering air liur membasahi bibir, ternyata akan semakin memperburuk pecahan pada bibir.

Beberapa gejala yang bisa dialami adalah: bibir terasa kering bahkan sampai mengelupas, muncul sisik pada bibir, terdapat luka, bengkak, dan  jika sudah parah akan mengalami pendarahan.

Baca juga : Manfaat Propolis Untuk Kesehatan dan Kecantikan”

Penyakit dan kondisi yang menyebabkan bibir pecah-pecah

  • Pellagra

Pellagra disebabkan oleh kekurangan asupan niasin atau vitamin B3. Ia biasanya ditandai dengan diare, kekacauan mental, dan dermatitis. Jika tidak diobati, kondisi ini bisa menyebabkan kematian. Pellagra dapat terjadi akibat tubuh tidak menerima jumlah niasin yang cukup atau memiliki kondisi kronis seperti ulserativa, yang mencegah tubuh Anda mendapatkan niasin. Kondisi ini dapat mempengaruhi bibir, lidah, dan gusi. Kulit Anda akan menebal dan mengeras, sehingga terjadi retak dan perdarahan. Kondisi ini dapat ditangani dengan mengonsumsi niacin oral dan intravena, suplemen vitamin B3 juga dapat Anda konsumsi sebagai pelengkap. Namun pellagra sekunder yang timbul dari kondisi kronis sulit untuk diobati.

  • Angular cheilitis

Ini adalah kondisi peradangan umum yang mempengaruhi sudut-sudut mulut Anda. Kondisi ini dapat menyebabkan beberapa faktor seperti bibir pecah-pecah, perdarahan di bibir, lecet, dan kemerahan. Umumnya, mereka yang memiliki kulit sensitif, orang tua, dan orang yang kekurangan gizi paling berisiko terkena kondisi ini. Menjilati bibir Anda dengan harapan untuk mengembalikan kelembapan hanya akan membuat kondisi lebih buruk, karena air liur Anda cepat menguap pada bibir Anda dan itu akan membuat bibir lebih kering. Anda mungkin perlu menerapkan lip balm atau menggunakan krim topikal anti-jamur.

  • Penyakit Kawasaki

Kegunaan Propolis Untuk Bibir Pecah – Menurut American Academy of Family Physicians, penyakit Kawasaki terutama menyerang anak-anak di bawah usia lima tahun, dan dapat menyebabkan kerusakan jantung jika terlambat atau tidak diobati. Penyebab pasti dari kondisi ini masih belum diketahui. Penyakit Kawasaki bisa menyebabkan demam, bibir pecah-pecah, iritasi tenggorokan, pembengkakan leher, dan kemerahan di bagian putih mata. Beberapa anak ada yang tidak memiliki gejala sama sekali. Jika anak Anda mengalami gejala-gejala penyakit ini, ia harus segera ditangani untuk mencegah terjadinya kondisi lain. Untuk pengobatan ini biasanya dokter akan memberikan aspirin dosis tinggi dan obat khusus bernama IVIG.

  • Sindrom iritasi usus (IBS)

Sindrom iritasi usus terdiri dari dua jenis, yaitu penyakit Crohn dan kolitis ulseratif. Kolitis ulseratif adalah jenis IBS yang hanya melibatkan usus besar dan hanya lapisan usus besar yang meradang. Sedangkan penyakit Crohn adalah salah satu jenis utama dari IBS yang mempengaruhi setiap baguan dari saluran usus dari mulut ke anus, dan mempengaruhi seluruh ketebalan dinding usus.

Anda mungkin salah satu dari 40% penderita IBS dengan ekstra-intestinal, terutama jika IBS Anda adalah jenis penyakit Crohn. Para peneliti menemukan bahwa sekitar 11% dari mereka yang memiliki masalah kulit karena IBS menunjukkan gejala seperti kering, pecah-pecah, perdarahan bibir, atau beberapa gangguan kulit lainnya pada wajah. Dalam banyak kasus, bibir pecah-pecah bukanlah tanda masalah penyakit yang serius, namun jika ia disertai dengan tanda-tanda lain, maka Anda harus menyikapinya dengan memeriksakan diri ke dokter.

  • Herpes

Bibir pecah-pecah yang kronis juga merupakan suatu gejala kondisi serius, seperti herpes. Herpes simplex virus-1 dapat menyebabkan luka merah di sekitar mulut dengan disertai kulit kering dan pecah-pecah. Luka dingin sangat menular, sehingga cukup mudah untuk mendapatkan herpes melalui ciuman atau dengan berbagi gelas dengan mereka yang memiliki virus tersebut.

Kegunaan Propolis Untuk Bibir Pecah

Kegunaan Propolis Untuk Bibir Pecah

Cara Mengatasi Bibir Pecah-Pecah

Untuk menghilangkan bibir pecah-pecah, ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Di antaranya:

  • Kurangi kebiasaan menjilat bibir

Kegunaan Propolis Untuk Bibir Pecah – Meski kadang bermaksud untuk membasahi bibir yang mengalami kekeringan, ternyata menjilati bibir justru memperburuknya. Cepatnya air liur menguap menyebabkan bibir mengalami kondisi lebih kering daripada sebelum dijilat. Jika menjilati bibir disebabkan pemakaian lips balm yang mengandung rasa, maka pemakaiannya sebaiknya dihindari.

  • Gunakan pelindung bibir

Memakai lips balm bertabir surya saat cuaca kering dan dingin membuat bibir mendapat perlindungan optimal dari pengaruh cuaca. Semakin sering beraktivitas di luar ruangan, semakin sering pula kebutuhan menggunakan pelindung bibir.

  • Hindari pemicu alergi

Sebisa mungkin hindari kontak langsung dengan bahan-bahan yang bisa memicu alergi. Sebagian orang rentan alergi terhadap produk parfum, pewarna, kosmegtik, atau produk perawatan kulit.

  • Jaga tingkat hidrasi

Untuk menjaga kelembapan pada bibir, minumlah air putih yang banyak agar tubuh termasuk bibir tetap terhidrasi. Jika perlu, pasanglah pelembap udara di ruangan agar kelembapannya tetap terjaga.

  • Bernapas melalui hidung

Beberapa orang mungkin lebih suka bernapas memakai mulut daripada hidung mereka. Kebiasaan bernapas dengan mulut ini sebaiknya dihindari karena dapat memperburuk kondisi bibir pecah-pecah.

  • Batasi makanan pedas dan asam

Beberapa makanan yang memiliki rasa pedas dan asam berlebih sebaiknya dikurangi karena bisa menimbulkan iritasi pada bibir. Jika sudah mengalami bibir pecah-pecah, tidak mengonsumsi makanan pedas dan asam akan membantu mempercepat proses penyembuhan.

  • Hindari pemakaian obat-obatan tertentu

Beberapa obat mungkin menimbulkan efek samping berupa bibir pecah-pecah. Obat-obatan yang digunakan untuk mengobati depresi, cemas berlebih, alergi, rasa nyeri, jerawat, dan masalah penapasan bisa menyebabkan bibir pecah-pecah. Konsultasikan dengan dokter untuk mengetahui dengan pasti hal tersebut. Jika sangat mengganggu, Anda bisa mempertimbangkan alternatif obat lain.

Meski bibir pecah-pecah dapat sembuh dengan sendirinya, namun pada beberapa orang hal tersebut bisa berubah menjadi kian parah. Jika sudah parah, maka bibir pecah-pecah bisa berubah menjadi cheilitis atau peradangan pada bagian permukaan bibir. Tanda spesifik dari cheilitis adalah munculnya pecah-pecah di sudut bibir dan bisa disertai oleh infeksi. Jika bibir pecah-pecah sudah menjadi cheilitis atau peradangan di bibir dan susah disembuhkan, periksakan diri ke dokter.

Kegunaan Propolis Untuk Bibir Pecah

Kegunaan Propolis Untuk Bibir Pecah – Propolis sangat bermanfaat pada Thymus yang merupakan tenaga kehidupan. Propolis membantu mengaktifkan kelenjar Thymus yang menjalankan sistem imunisasi tubuh. Kelenjar Thymus berada pada pangkal leher dan mengandung Lympocytes yang memberikan kekebalan pada kuman dan penyakit.

 

propolis

 

Propolis adalah semacam getah yang dikumpulkan oleh lebah madu dari berbagai pohon, aliran getah, atau sumber botani lainnya.

Sejak dahulu hingga kini, propolis dipercaya sebagai Herbal yang mampu membantu proses penyembuhan berbagai penyakit.

Kandungan antioksidan 1 tetes propolis = antioksidan 500 buah jeruk. Disamping itu, propolis kaya akan asam amino, vitamin-vitamin, bioflavonoids.

 

 

Sumber :

  • https://hellosehat.com/hidup-sehat/fakta-unik/bibir-pecah-pecah-dan-penyakit/
  • https://www.alodokter.com/begini-cara-menghilangkan-bibir-pecah-pecah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *