Ketahui Gejala dan Penanganan Gondong Propolis

Ketahui Gejala dan Penanganan Gondong Propolis – Gondok adalah infeksi virus yang terutama mempengaruhi kelenjar parotid salah satu dari tiga pasang kelenjar air liur (saliva), terletak di bawah dan di depan telinga Anda. Jika Anda atau anak Anda mengidap gondong, itu dapat menyebabkan pembengkakan pada satu atau kedua kelenjar parotid.

Gondong sering terjadi di Amerika Serikat sampai vaksinasi gondok menjadi rutin. Sejak saat itu, jumlah kasus menurun drastis, sehingga peluang Anda untuk mendapatkan gondongan rendah. Komplikasi mumps, seperti gangguan pendengaran, berpotensi serius, tetapi jarang.

Tidak ada perawatan khusus gondok. Wabah gondong masih terjadi di Amerika Serikat, dan gondongan masih umum di banyak bagian dunia, jadi mendapatkan vaksinasi untuk mencegah gondok tetap penting.

 

 

Penyebab

Ketahui Gejala dan Penanganan Gondong Propolis – Gondok adalah karena infeksi oleh virus gondok. Ini dapat ditularkan melalui sekresi pernapasan (misalnya saliva) dari seseorang yang sudah terpengaruh dengan kondisi tersebut. Ketika tertular gondong, virus berpindah dari saluran pernapasan ke kelenjar ludah dan bereproduksi, menyebabkan kelenjar membengkak.

Contoh bagaimana gondok dapat menyebar meliputi:

  • Bersin atau batuk.
  • Menggunakan alat makan dan piring yang sama dengan orang yang terinfeksi.
  • Berbagi makanan dan minuman dengan seseorang yang terinfeksi.
  • Berciuman.
  • Orang yang terinfeksi menyentuh hidung atau mulutnya dan kemudian menyebarkannya ke permukaan yang mungkin disentuh orang lain.
  • Individu yang terinfeksi virus gondok menular selama kurang lebih 15 hari (6 hari sebelum gejala mulai terlihat, dan hingga 9 hari setelah mereka mulai). Virus gondok adalah bagian dari keluarga paramyxovirus, penyebab umum infeksi, terutama pada anak-anak.

 

 

Gejala

Gejala-gejala gondok biasanya muncul 2-3 minggu setelah pasien terinfeksi. Namun, hampir 20 persen orang dengan virus itu tidak menderita gejala sama sekali. Ketahui Gejala dan Penanganan Gondong Propolis 

Awalnya, gejala seperti flu akan muncul, seperti:

  • Pegal-pegal
  • Sakit kepala
  • Hilangnya nafsu makan dan / atau mual
  • Kelelahan umum
  • Demam (tingkat rendah)
  • Selama beberapa hari berikutnya, gejala klasik gondong akan berkembang. Gejala utamanya adalah kelenjar parotid yang nyeri dan bengkak, salah satu dari tiga set kelenjar ludah; ini menyebabkan pipi orang itu keluar.
  • Pembengkakan biasanya tidak terjadi sekaligus – itu terjadi dalam gelombang.

Gejala terkait lainnya dapat termasuk:

  • Nyeri di sisi wajah di mana ia bengkak.
  • Nyeri dialami saat menelan.
  • Kesulitan menelan.
  • Demam (hingga 103 derajat Fahrenheit).
  • Mulut kering.
  • Nyeri pada persendian.
  • Jarang, orang dewasa bisa mengidap gondong. Dalam kasus ini, gejalanya pada umumnya sama, tetapi kadang-kadang sedikit lebih buruk dan komplikasi sedikit lebih mungkin.

 

Baca Juga: “Pahami Penyebab Hernia Propolis Brazillian”

 

Komplikasi

Komplikasi dari gondok jarang terjadi, tetapi bisa serius jika tidak ditangani. Gondok sebagian besar mempengaruhi kelenjar parotid. Namun, itu juga dapat menyebabkan peradangan di area lain dari tubuh, termasuk otak dan organ reproduksi.

Orchitis adalah peradangan pada buah zakar yang mungkin disebabkan oleh gondong. Anda dapat mengatur sakit orchitis dengan menempatkan paket dingin pada testis beberapa kali per hari. Dokter Anda dapat merekomendasikan obat penghilang rasa sakit dengan resep dokter jika perlu. Dalam kasus yang jarang terjadi, orkitis dapat menyebabkan kemandulan.

Wanita yang terinfeksi gondok mungkin mengalami pembengkakan ovarium. Peradangan bisa menyakitkan tetapi tidak membahayakan sel telur wanita. Namun, jika seorang wanita mengidap gondong selama kehamilan, ia memiliki risiko lebih tinggi dari normal mengalami keguguran.

Ketahui Gejala dan Penanganan Gondong Propolis – Gondong dapat menyebabkan meningitis atau ensefalitis, dua kondisi yang berpotensi fatal jika tidak ditangani. Meningitis adalah pembengkakan selaput di sekitar sumsum tulang belakang dan otak Anda. Ensefalitis adalah peradangan otak. Hubungi dokter Anda jika Anda mengalami kejang, kehilangan kesadaran, atau sakit kepala parah saat Anda mengalami gondong.

 

 

Ketahui Gejala dan Penanganan Gondong Propolis

Secara umum, Anda dianggap kebal terhadap gondongan jika sebelumnya Anda memiliki infeksi atau jika Anda telah diimunisasi melawan gondong. Vaksin mumps biasanya diberikan sebagai inokulasi campak-gondok-rubella (MMR), yang berisi bentuk paling aman dan paling efektif dari setiap vaksin.

Ketahui Gejala dan Penanganan Gondong Propolis – Manfaat Propolis – Manfaat propolis bagi kehidupan manusia sangatlah baik untuk kesehatan kulit dan berkhasiat luar biasa. Mengingat propolis sendiri adalah membantu dalam proses antibiotik alami.

 

Propolis dapat dikonsumsi dengan obat-obat lainnya tanpa ada efek samping, dengan catatan diberi jarak kira-kira 2 jam. Hal ini bertujuan untuk menghindari kemungkinan bereaksinya zat dalam propolis dengan zat yang ada pada obat sehingga dapat mengurangi khasiat dari propolis.

herbalbeli-sekarang 3 Penyebab Utama Kanker Prostat Propolis

 

sumber:
https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/mumps/symptoms-causes/syc-20375361
https://www.healthline.com/health/mumps#complications
https://www.medicalnewstoday.com/articles/224382.php

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *