Ketahui Tanda Tanda Maag Kronis Propolis Brazillian

Ketahui Tanda Tanda Maag Kronis Propolis Brazillian- Sakit maag (indigestion) adalah istilah yang menggambarkan nyeri yang berasal dari lambung, usus halus, atau bahkan kerongkongan akibat sejumlah kondisi. Sebutan lain sakit maag adalah dispepsia.
Sakit maag bisa disebabkan oleh banyak hal, di antaranya akibat luka terbuka yang muncul di lapisan dalam lambung (tukak lambung), infeksi bakteri Helicobacter pylori, efek samping penggunaan obat antiinflamasi nonsteroid (OAINS), dan stres.
Meskipun sebagian besar sakit maag bisa ditangani tanpa perlu berkonsultasi kepada dokter, namun pemeriksaan dokter medis tetap perlu dilakukan jika sakit maag disertai dengan Anda menjadi sering muntah, Anda menjadi sulit menelan dan mengalami penurunan berat badan, serta jika Anda dan telah menginjak berusia 55 tahun ke atas.
Jika Anda terbukti sakit maag, maka dokter akan meresepkan obat. Beberapa contoh obat yang bisa digunakan untuk mengatasi sakit maag adalah antasida, antagonis reseptor H2 (H2RA), penghambat pompa proton (PPI), alginat, antibiotik, prokinetik, dan obat antidepresan.
Sakit maag termasuk penyakit umum di Indonesia. Menurut data yang dilakukan di beberapa pusat endoskopi di Indonesia terdapat sekitar 7000 kasus maag dengan 86,4 persen dari jumlah tersebut merupakan dispepsia fungsional

 

Ketahui Tanda Tanda Maag Kronis Propolis Brazillian

 

Penyebab

Ketahui Tanda Tanda Maag Kronis Propolis Brazillian- 5penyebab maag

  • Bakteri Helicobacter pylori
    Penyebab sakit maag yang pertama adalah karena adanya bakteri bernama helicobacter pylori. Bakteri helicobacter pylori ini bisa menyebabkan peradangan atau iritasi pada lambung sehingga menyebabkan maag kronis yang jika tidak segera diobati akan semakin parah dan menjadi kanker lambung.
  • Makan tidak teratur
    Penyebab sakit maag yang kedua adalah karena makan tidak teratur. Makan tidak teratur menyebabkan kekosongan pada jam-jam makan. Dimana pada saat itu lambung telah bersiap untuk mengeluarkan asam lambung guna melakukan pencernaan makanan. Kekosongan yang terjadi dilambung menyebabkan asam lambung tersebut mengenai dinding-dinding lambung dan menyebabkan peradangan atau iritasi dan menjadi sakit maag.
  • Beban pikiran, stres dan gangguan emosional
    Penyebab sakit maag yang selanjutnya adalah adanya beban pikiran, stres maupun gangguan emosional. Beban pikiran, stres maupun gangguan emosional memicu tubuh untuk memproduksi asam lambung secara berlebih. Produksi asam lambung yang berlebih inilah yang menyebabkan peradangan dan menyebabkan sakit maag.
  • Merokok dan mengkonsumsi alkohol
    Penyebab sakit maag yang berikutnya adalah merokok dan mengkonsumsi alkohol. Rokok dan alkohol tidak hanya buruk bagi kesehatan, namun juga memberikan pengaruh buruk bagi kesehatan lambung, terutama menyebabkan sakit maag dan penyakit gangguan lambung lainnya.
  • Kelelahan, kurang tidur dan insomnia
    Kelelahan, kurang tidur dan insomnia menjadi penyebab sakit maag selanjutnya. Salah satu penyebab naiknya asam lambung adalah karena aktivitas yang padat. Kelelahan terjadi karena aktivitas yang padat sehingga dapat memicu naiknya produksi asam lambung. Selain itu produksi asam lambung juga relative meningkat di malam hari. Itulah mengapa orang yang mengalami kurang tidur atau insomnia lebih beresiko terserang penyakit maag.

 

 

Gejala

Ketahui Tanda Tanda Maag Kronis Propolis Brazillian- Selain nyeri pada perut bagian atas (area antara pusar dan bawah tulang dada), gejala sakit maag bisa berupa:

  • Rasa panas pada perut bagian atas
  • Cepat merasa kenyang ketika makan dan rasa kenyang berkepanjangan setelah makan
  • Mual
  • Kembung pada perut bagian atas
  • Refluks (kembalinya makanan atau cairan dari lambung ke kerongkongan)
  • Sering bersen­dawa
  • Muntah
  • Nyeri ulu hati atau rasa panas dan nyeri di tengah dada (kadang-kadang terasa sampai punggung dan leher) yang muncul ketika atau setelah makan

Sakit maag yang disertai dengan gejala rasa panas di dalam dada akibat naiknya asam lambung ke kerongkongan, adalah kasus sakit maag yang seringkali terjadi.

Bagi penderita sakit maag, gejala biasanya akan menjadi lebih buruk jika dirinya juga mengalami stres. Selain stres, masuknya udara lewat mulut ketika mengonsumsi makanan juga bisa menyebabkan perut semakin kembung dan frekuensi sendawa meningkat.

 

Baca juga “Menyamarkan Vitiligo Dengan Propolis Brazillian HiTech

 

Ketahui Tanda Tanda Maag Kronis Propolis Brazillian

 

Propolis adalah semacam getah yang dikumpulkan oleh lebah madu dari berbagai pohon, aliran getah, atau sumber botani lainnya. Sejak dahulu hingga kini, propolis dipercaya sebagai Herbal yang mampu membantu proses penyembuhan berbagai penyakit. Kandungan antioksidan 1 tetes propolis = antioksidan 500 buah jeruk. Disamping itu, propolis kaya akan asam amino, vitamin-vitamin, bioflavonoids.

 

 

Propolis dapat dikonsumsi dengan obat-obat lainnya tanpa ada efek samping, dengan catatan diberi jarak kira-kira 2 jam. Hal ini bertujuan untuk menghindari kemungkinan bereaksinya zat dalam propolis dengan zat yang ada pada obat sehingga dapat mengurangi khasiat dari propolis.

 

 

Sumber:
https://www.alodokter,com/sakit-maag
http://www.gelombangotak,com/10-Penyebab-Sakit-Maag.htm
https://www.alodokter,com/sakit-maag/gejala

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *