Komplikasi Kolesterol Tinggi WAJIB Anda Tahu!

Komplikasi Kolesterol Tinggi – Setiap orang, termasuk Anda memiliki kolesterol di dalam tubuh yang berperan dalam membentuk sel, hormon, empedu, dan sebagai pelindung tubuh. Ada 2 tipe kolesterol yaitu High Density Lipoprotein (HDL) dan kolesterol jahat atau Low Density Lipoprotein (LDL).

Komplikasi-Kolesterol-Tinggi-WAJIB-Anda-Tahu!

Kolesterol HDL atau kolesterol baik bertugas menyerap jumlah kolesterol berlebih dan membawanya kembali ke hati untuk dikeluarkan dari tubuh. Kadar HDL yang normal adalah 60 mg/dL. Semakin tinggi kadar HDL dalam tubuh, maka akan semakin baik bagi kesehatan.

Sedangkan kolesterol LDL atau kolesterol jahat membentuk plak-plak lemak di dalam pembuluh darah, yang dapat meningkatkan risiko terjadinya berbagai macam penyakit berbahaya. Kadar kolesterol LDL yang aman adalah di bawah 100 mg/dL. Sebaliknya dari HDL, semakin tinggi kadar LDL justru dapat meningkatkan risiko Anda mengalami penyumbatan pembuluh darah yang memicu komplikasi mematikan.

Baca juga : “Makanan-Makanan Ini Bisa Turunkan Kolesterol Jahat

Dari laman webmd, berikut beberapa komplikasi yang terjadi jika kadar kolesterol terlampau tinggi :

1. Jantung Koroner

Risiko utama dari kolesterol tinggi adalah penyakit jantung koroner. Jika kadar kolesterol terlalu tinggi, kolesterol dapat menumpuk di dinding arteri Anda. Seiring waktu, penumpukan ini (plak) menyebabkan pengerasan arteri atau aterosklerosis. Ini menyebabkan arteri menjadi menyempit, yang memperlambat aliran darah ke otot jantung. Mengurangi aliran darah dapat menyebabkan angina (nyeri dada) atau serangan jantung jika pembuluh darah tersumbat sepenuhnya.

2. Stroke

Aterosklerosis menyebabkan arteri yang mengarah ke otak menjadi menyempit dan bahkan tersumbat. Jika pembuluh yang membawa darah ke otak tersumbat sepenuhnya, Anda bisa terkena stroke.

3. Vaskular Erifer

Kolesterol tinggi juga telah dikaitkan dengan penyakit pembuluh darah perifer. Ini merujuk pada penyakit pembuluh darah di luar jantung dan otak. Dalam kondisi ini, timbunan lemak menumpuk di sepanjang dinding arteri dan mempengaruhi sirkulasi darah. Ini terjadi terutama di arteri yang mengarah ke tungkai dan kaki.

4. Diabetes

Diabetes dapat mengganggu keseimbangan antara kadar kolesterol HDL dan LDL. Penderita diabetes cenderung memiliki partikel LDL yang menempel pada arteri dan merusak dinding pembuluh darah lebih mudah. Glukosa (sejenis gula) menempel pada lipoprotein. LDL yang dilapisi gula tetap berada dalam aliran darah lebih lama dan dapat menyebabkan pembentukan plak. Penderita diabetes cenderung memiliki kadar HDL yang rendah dan trigliserida tinggi (jenis lain dari lemak darah). Kedua hal ini meningkatkan risiko penyakit jantung dan arteri.

5. Tekanan Darah Tinggi

Tekanan darah tinggi (juga disebut hipertensi) dan kolesterol tinggi juga terkait. Ketika arteri menjadi mengeras dan menyempit dengan plak kolesterol dan kalsium, jantung harus berusaha lebih keras untuk memompa darah melalui mereka. Akibatnya, tekanan darah menjadi tinggi tidak normal. Tekanan darah tinggi juga dikaitkan dengan penyakit jantung.

Baca juga : “Informasi Seputar Kolesterol Lainnya di Pusat Propolis

Itulah beberapa Komplikasi Kolesterol Tinggi yang dapat merenggut nyawa. Selalu jaga kesehatan Anda, dan semoga kita terhindar dari penyakit-penyakit ini. Aamiin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *