Makanan yang harus dihindari penyakit varises

Makanan yang harus dihindari penyakit varises – Varises adalah pembengkakan dan pelebaran pembuluh darah vena yang biasanya terjadi pada bagian kaki akibat penumpukan darah. Orang-orang yang menderita penyakit ini, pembuluh vena mereka juga dapat terlihat menonjol keluar berwarna biru atau ungu tua. Kadang-kadang bentuknya menyerupai simpul atau tali berpilin.

Makanan yang harus dihindari penyakit varises

Penyebab penumpukan darah pada penyakit varises

Penumpukan darah di dalam pembuluh vena terjadi akibat melemahnya atau rusaknya katup vena. Pembuluh vena berfungsi mengalirkan darah dari seluruh tubuh ke jantung. Di dalam pembuluh vena, ada katup yang berfungsi sebagai pintu satu arah agar darah yang sudah melewatinya tidak dapat kembali lagi. Lemah atau rusaknya katup vena menyebabkan terjadinya arus balik darah dan penumpukan darah di dalam pembuluh vena. Penumpukan inilah yang kemudian menyebabkan pembuluh tersebut melebar.

Bahaya Penyakit Varises

  • PEMBENGKAKAN KAKI

Varises merupakan kerusakan sirkulasi darah vena atau aliran darah dari tubuh menuju jantung. Ketika varises terjadi pada betis atau kaki, maka darah yang berada di dalam kaki akan terhambat untuk bisa mencapai jantung. Darah terendap dalam kaki berikut dengan sisa metabolisme yang seharusnya dihantarkan darah menuju jantung untuk kembali di bersihkan oleh sistem mekanisme hati dan paru-paru.

  • MUNCULNYA PEMBEKUAN DARAH

Munculnya pertemuan dua arah dari aliran darah dala vena kerap kali menjadi penyebab munculnya pembekuan darah. Ini karena darah berdiam lama pada satu titik vena hingga mendorong munculnya reaksi trombosit untuk membekukan darah. Kemunculan pembekuan ini menyebabkan munculnya kasus flebitis atau penggumpalan darah yang bisa menyakitkan.

  • RASA PEGAL BERLEBIHAN

Aliran darah yang tidak lancar, sulitnya sisa metabolisme pada kaki untuk naik dan dibersihkan serta menegangnya otot sekitar vena yang membengkak menyebabkan kaki (atau tangan) menjadi kerap pegal dan linu. Kadang juga muncul rasa kaku yang membuat kaki tidak nyaman untuk digerakan.

  • MUNCULNYA LUKA PADA VENA

Akibat lain dari terbentuknya flebitis atau gumpalan darah tadi adalah terlukanya dinding pembuluh darah vena. Vena yang terluka bisa menyebabkan pecahnya vena dan memunculkan ruam dan pembengkakan dengan efek memar. Makanan yang harus dihindari penyakit varises

  • MUNCULNYA EMBOLI PADA PARU-PARU

Masalah lain muncul ketika gumpalan yang tadi terbentuk dalam batang vena malah terlepas dari vena, dan terlarut oleh aliran darah hingga akhirnya masuk ke dalam paru-paru. Gumpalan ini akan menyebabkan terbentuknya Pulmonary Emboli atau PE.

Baca Juga : Makanan yang harus dikonsumsi penyakit vertigo”

Makanan yang harus dihindari penyakit varises

Makanan yang harus dihindari penyakit varises

Makanan Yang Tidak Boleh Dikonsumsi Penderita Varises

1.Makanan Berminyak dan lemak

Makanan yang berminyak atau berlemak tinggi merupakan sumber makanan paling tinggi karena per 100 mg minyak sayur mengandung 902 kkal, atau dalam satu sendok makan (13 gram) mengandung 117 kkal. Makanan berminyak bisa terdapat pada gorengan, gajih, kerupuk, aneka keripik, nasi goreng dan lain-lain.

2.Kacang-kacangan

Kacang-kacangan (kacang tanah, kacang mede, almond dan lainnya) dan produk olahanya mengandung 718 kkal per 100 mg nya.

3.Makanan Cepat Saji

Makanan cepat saji memiliki kandungan kalori yang tinggi karena kandungan lemaknya yang tinggi. Beberapa resiko terlalu sering mengkonsumsi makanan cepat saji diantaranya meningkatkan resiko serangan jantung, kanker, diabetes, tekanan darah tinggi.

4.Ikan Berlemak

Berbagai jenis ikan berlemak seperti sarden, salmon, mackerel, belut dan lain-lain mengandung kalori cukup tinggi sekitar 300 – 400 kkal per 100 gram. Ciri-ciri ikan berlemak (fat fish) memiliki warna pigmen yang lebih banyak dibanding ikan lain (lean fish atau medium fat fish), sehingga warna dagingnya cenderung kekuningan atau kemerahan.

5.Daging

Daging dan makanan olahanya mengandung kadar lemak yang tinggi sehingga kadar kalorinya pun tinggi pula. Salah satu menu olahan daging yang tinggi kalori diantaranya sate kambing. Per satu porsi sate (10 tusuk) mengandung sekitar 775 kkal yang 50% diantaranya adalah lemak, belum lagi jika disantap bersama nasi putih dengan kandungan sekitar 129 kkal per 100 gram nasi putih (sekitar 10 suapan).

6.Mie Instan

Tahukah Sobat jika mie instan mengandung banyak kalori? Ya, dalam satu bungkus mie instan mengandung sekitar 330 kkal, apalagi jika mie instan dimakan bersamaan dengan nasi putih.

Itulah beberapa makanan yang seharusnya anda hindari terlebih dahulu, jika untuk saat ini anda sedang menderita varises.

Makanan yang harus dihindari penyakit varises

Makanan yang harus dihindari penyakit varises – Propolis Menjaga daya tahan Tubuh, adalah zat yang digunakan oleh lebah madu untuk dua fungsi penting di sekitar sarang. Bayangkan sebuah koloni dengan 35000 anggota, masing-masing dari mereka memiliki ruang kecil, merangkak di atas ruang tetangga sebelah dan berbagi makanan dan pasokan yang sama. Dan yang menakjubkan lingkungan sarang dalam kondisi sangat bersih dan mampu mencegah perkembangan dan penyebaran bakteri. Kenapa bisa begitu? Ya, Semua bisa begitu karena peran dari sanitasi propolis.

Propolis brazillian hi tech nano

Propolis sangat bermanfaat pada Thymus yang merupakan tenaga kehidupan. Propolis membantu mengaktifkan kelenjar Thymus yang menjalankan sistem imunisasi tubuh. Kelenjar Thymus berada pada pangkal leher dan mengandung Lympocytes yang memberikan kekebalan pada kuman dan penyakit.

  • Sebagai Antibiotik Alami yang kuat terhadap Virus, Bakteri, Parasit, Jamur dll
  • Membantu Memperbaiki sistem imunitas tubuh dan vitalitas
  • Membantu Memperbaiki darah dan sistem pembuluh darah dan melindungi Jantung

 

Gratis Ongkos Kirim Seluruh Indonesia
Untuk Pembelian Minimal 1 Box (7Botol)
Ingat! Harga Ini Adalah Harga Promo, dan Sewaktu-waktu Bisa Naik.
PESAN SEKARANG JUGA Sebelum Harganya Naik!!..

Pesan Sekarang Propolis

 

 

 

 

Sumber :

  • https://www.alodokter.com/varises
  • https://www.deherba.com/5-bahaya-varises-yang-selama-ini-tidak-kita-sadari.html
  • http://www.apotiknew.com/2016/06/pantangan-makanan-varises.html

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *