Makanan yang harus dihindari penyakit vitiligo

Makanan yang harus dihindari penyakit vitiligo – Vitiligo merupakan penyakit yang menyebabkan hilangnya warna kulit. Seberapa luasnya vitiligo dapat menyerang kulit seseorang dan seberapa parah hilangnya warna kulit sangat bervariasi dan tidak dapat diprediksikan. Vitiligo dapat menyerang bagian kulit manapun di tubuh, dan tidak menutup kemungkinan dapat mengenai rambut, bagian dalam mulut, dan bahkan mata.

Makanan yang harus dihindari penyakit vitiligo

Vitiligo merupakan penyakit jangka panjang ini dapat terjadi pada segala usia, tapi sebagian besar dialami sebelum pengidap berusia 20 tahun. Meskipun vitiligo dapat menyerang orang dengan berbagai jenis dan warna kulit, gejalanya mungkin akan tampak lebih jelas pada orang dengan kulit hitam.

Vitiligo juga terbagi ke dalam dua kategori, yaitu vitiligo menyeluruh yang menyerang kedua sisi tubuh dan vitiligo yang hanya terjadi pada bagian-bagian tertentu atau salah satu sisi tubuh saja. Jenis yang paling umum adalah vitiligo menyeluruh dengan jumlah pengidap yang diperkirakan sekitar 90 persen.

Baca Juga : Yang harus dihindari penyakit vertigo”

Penyebab dan Faktor Risiko Vitiligo

Warna kulit seseorang ditentukan oleh sebuah pigmen yang disebut dengan melanin. Melanin dihasilkan oleh sel-sel kulit yang disebut dengan melanosit. Pada kasus vitiligo, jumlah melanosit tidak memadai untuk menghasilkan melanin pada kulit, sehingga akan terbentuk bercak berwarna putih di area kulit ataupun rambut.

Hingga saat ini, penyebab kurangnya melanosit masih belum diketahui secara pasti, namun beberapa pakar menduga kondisi ini dipicu oleh sejumlah seperti:

  • Penyakit autoimun. Autoimun merupakan suatu kondisi di mana sistem kekebalan tubuh menyerang dan menghancurkan sel-sel tubuh yang sehat, salah satunya adalah melanosit di kulit.
  • Riwayat keluarga (keturunan).
  • Kondisi yang memicu terjadinya vitiligo, seperti terbakar sinar matahari, stres, atau paparan bahan-bahan kimia.
  • Melanin yang menentukan warna kulit dan melindungi kulit dari efek buruk sinar matahari.

Makanan yang harus dihindari penyakit vitiligo

Makanan yang harus dihindari penyakit vitiligo

Komplikasi Vitiligo

Apabila tidak ditangani, vitiligo akan terus berkembang dan terkadang mengakibatkan beberapa komplikasi, di antaranya meliputi:

  • Stres sosial atau psikologis
  • Kulit terbakar matahari atau bahkan kanker kulit
  • Masalah pada mata, seperti peradangan pada iris (iritis).
  • Gangguan pendengaran
  • Efek samping pengobatan, misalnya kulit kering atau gatal.

Makanan Yang Harus Dihindari Penderita Vitiligo

  • Minuman kalengProduk minuman berkarbonasi tidak memiliki antioksidan sama sekali, hanya memiliki banyak sekali gula buatan dan pengawet sehingga tidak baik untuk kesehatan kulit dan risikonya adalah makin memperparah keadaan kulit vitiligo.
  • Makanan cepat sajiMakanan seperti burger, ayam goreng, sosis, nugget, kornet dan bahan makanan olahan lain yang mengandung banyak pengawet serta sudah diolah terlebih dahulu memiliki lebih sedikit nutrisi sehingga tidak baik untuk proses penyembuhan vitiligo. Bahkan daging merah segar dan ikan sebaiknya dihindari saja.
  • Makanan pedas dan berminyakMakanan yang pedas, berlemak dan berminyak seperti gorengan,makanan bersantan dengan cabai yang banyak bukanlah kombinasi sehat jika Anda ingin menghentikan penyebaran kulit vitiligo karena selain kolesterol tinggi, juga tidak banyak mengandung nutrisi dan antioksidan.

Makanan yang harus dihindari penyakit vitiligo

Makanan yang harus dihindari penyakit vitiligo – Propolis sangat bermanfaat pada Thymus yang merupakan tenaga kehidupan. Propolis membantu mengaktifkan kelenjar Thymus yang menjalankan sistem imunisasi tubuh. Kelenjar Thymus berada pada pangkal leher dan mengandung Lympocytes yang memberikan kekebalan pada kuman dan penyakit.

 

Obat Ampuh Gigi Yang Berlubang

 

Propolis adalah semacam getah yang dikumpulkan oleh lebah madu dari berbagai pohon, aliran getah, atau sumber botani lainnya.
Sejak dahulu hingga kini, propolis dipercaya sebagai Herbal yang mampu membantu proses penyembuhan berbagai penyakit.
Kandungan antioksidan 1 tetes propolis = antioksidan 500 buah jeruk. Disamping itu, propolis kaya akan asam amino, vitamin-vitamin, bioflavonoids.

 

Gratis Ongkos Kirim Seluruh Indonesia
Untuk Pembelian Minimal 1 Box (7Botol)
Ingat! Harga Ini Adalah Harga Promo, dan Sewaktu-waktu Bisa Naik.
PESAN SEKARANG JUGA Sebelum Harganya Naik!!..

 

 

Sumber :

  • https://www.alodokter.com/vitiligo
  • https://www.vemale.com/kesehatan/66641-hindari-4-jenis-makanan-ini-untuk-mengurangi-vitiligo.html

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *