Manfaat Propolis Brazilian Untuk Diabetes

Manfaat Propolis Brazilian Untuk Diabetes – Diabetes melitus atau biasa disebut dengan kencing manis merupakan penyakit kronis. Kondisi ini ditandai dengan gangguan pengaturan gula darah dalam tubuh akibat berbagai hal seperti:

  • Kurangnya produksi insulin oleh pankreas
  • Kurangnya respon tubuh terhadap insulin
  • Adanya pengaruh hormon lain yang menghambat kinerja insulin

Manfaat Propolis Brazilian Untuk Diabetes

Maka itu, penyakit diabetes dibagi dalam beberapa jenis, yaitu:

Diabetes Tipe 1

Diabetes melitus tipe 1 adalah gangguan autoimun yang menyebabkan sistem ketahanan menyerang dan merusak sel-sel yang memproduksi hormon insulin, sehingga pankreas tidak dapat memproduksi hormon tersebut. Hal ini akan mengakibatkan tubuh kekurangan insulin dan meningkatkan kadar glukosa darah.

Kondisi ini umumnya menyerang pasien di bawah usia 40 tahun, terutama pada masa remaja. Biasanya gejala penyakit ini lebih cepat terdeteksi pada usia yang lebih muda, terutama pada masa kanak-kanak atau remaja.

Manfaat Propolis Brazilian Untuk Diabetes – Penyebab dari kondisi ini belum jelas. Para ahli menduga bahwa penyebab penyakit gula ini mungkin akibat faktor genetik dan lingkungan. Namun, Anda mungkin memiliki risiko yang lebih tinggi untuk terkena kondisi ini jika:

  • orangtua atau saudara kandung Anda yang mengidap kondisi ini
  • dalam keadaan paparan penyakit virus
  • munculnya autoantibodi
  • kekurangan vitamin D, mengonsumsi susu sapi atau susu formula, dan sereal sebelum usia 4 bulan. Meskipun tidak langsung menyebabkan kondisi ini terjadi, tapi masih berisiko.

Diabetes Tipe 2

Manfaat Propolis Brazilian Untuk Diabetes – Diabetes melitus tipe 2 merupakan tipe penyakit gula yang paling banyak terjadi, karena kejadiannya mencapai 90-95 persen dari semua kasus.

Tidak seperti diabetes tipe 1, penderita tipe 2 tetap memproduksi insulin. Kondisi ini  lebih sering terjadi pada orang dewasa, karena itu sering disebut dengan adult-onset diabetes.

Meskipun begitu, penyebab persis mengapa hal ini terjadi sebenarnya tidak pasti. Namun para ahli percaya bahwa faktor genetik dan lingkungan berperan dalam penyebab diabetes melitus tipe 2. Kelebihan berat badan adalah pemicu utama penyakit gula, tapi tidak semua pasien diabetes melitus tipe 2 kelebihan berat badan.

Diabetes Tipe Lain

Diabetes Gestational adalah jenis diabetes yang hanya terjadi pada wanita hamil. Penyakit ini dapat menyebabkan masalah pada ibu maupun bayi-bayinya jika tidak diobati. Namun kondisi ini biasanya sembuh setelah melahirkan.

Jenis lain dari penyakit ini biasanya diakibatkan hasil dari sindrom genetik, operasi, obat-obatan, kekurangan gizi, infeksi dan penyakit lainnya. Diabetes insipidus  adalah kondisi berbeda yang disebabkan oleh ketidakmampuan ginjal untuk menyimpan air. Kondisi ini jarang terjadi dan dapat diobati.

Manfaat Propolis Brazilian Untuk Diabetes

Manfaat Propolis Brazilian Untuk Diabetes

Apa saja gejalanya?

Gejala utama diabetes:

  • Sering merasa haus
  • Sering buang air kecil, terkadang terjadi setiap jam dan disebut poliuria
  • Penurunan berat badan yang tidak jelas dan tiba-tiba
  • Kelelahan

Gejala yang jarang terjadi:

  • Mual atau muntah
  • Pada wanita sering terjadi infeksi vagina
  • Infeksi jamur atau sariawan
  • Mulut kering
  • Luka sulit sembuh
  • Gatal pada kulit, terutama pada lipatan paha atau daerah vagina

Baca Juga : Khasiat Propolis Brazilian Untuk Diabetes”

Gejala diabetes lain yang harus Anda sadari

  • Kaki sakit dan mati rasa

Kadar gula darah yang sangat tinggi akan menyebabkan kerusakan pada saraf-saraf tubuh. Tak semua orang yang mengalami gejala ini.

Namun orang yang mengalami diabetes, akan merasa mati rasa, kesemutan, dan rasa sakit pada tubuh, terutama di kaki. Gejala seperti ini biasanya terjadi pada seseorang yang sudah mengalami diabetes selama 5 tahun atau lebih.

  • Pandangan kabur

Pandangan kabur pada diabetesi (sebutan untuk penderita diabetes) biasanya berasal dari gangguan lensa (katarak) atau gangguan saraf mata (retinopati diabetikum).

Kondisi gula darah yang cukup tinggi dapat memicu penumpukan protein di dalam lensa mata sehingga terjadinya proses katarak. Gula darah yang tidak terkontrol juga dapat menyebabkan pembuluh darah kecil di mata terganggu bahkan pecah sehingga saraf mata (retina) tidak dapat bekerja dengan baik.

  • Perubahan keadaan kulit

Kadar insulin yang tinggi mendorong pigmen yang menimbulkan bercak hitam pada kulit. Jika ada perubahan yang terasa pada kulit, bisa saja menjadi tanda awal Anda memiliki penyakit gula atau kencing manis. Perubahan bisa saja ditandai dengan kulit yang menjadi gelap, bersisik, hingga muncul keriput dini.

  • Rentan terhadap infeksi atau penyakit

Seseorang dengan gejala awal kencing manis ini cenderung lebih rentan terhadap infeksi bakteri maupun jamur karena mereka memiliki sistem kekebalan tubuh yang menurun.

Mikroorganisme tersebut membutuhkan glukosa sebagai sumber energinya. Infeksi dapat tumbuh dalam lipatan kulit yang hangat dan lembab, seperti antara jari tangan dan kaki, di bawah payudara, atau di dalam atau di sekitar alat kelamin.

  • Gusi merah dan bengkak

Penyakit gula ini dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh Anda dan kemampuan Anda untuk melawan infeksi sehingga meningkatkan risiko infeksi pada gusi dan rahang gigi Anda. Gusi Anda dapat bengkak atau mungkin mengalami luka.

  • Lambatnya penyembuhan luka

Gula darah tinggi dapat mempengaruhi aliran darah dan menyebabkan kerusakan saraf di daerah tubuh sehingga mengganggu proses penyembuhan alami tubuh Anda.

Manfaat Propolis Brazilian Untuk Diabetes – Mengetahui gejalanya lebih awal akan memudahkan Anda untuk mengatasi gejala tersebut dan bahkan dapat mencegahnya. Penyakit gula atau kencing manis ini juga dapat dicegah dengan melakukan olahraga teratur, menjaga pola hidup sehat dan menjaga kadar gula darah tetap normal.

Untuk menjaga kadar gula darah normal, Anda harus membatasi konsumsi gula, tapi bukan berarti Anda jadi anti gula, yang dapat Anda lakukan adalah mengganti gula harian Anda. Gunakan pemanis rendah kalori dan bebas gula untuk mencegah penyakit gula dan mengontrol asupan kalori.

  • Cepat lapar

Kurangnya insulin untuk memasukkan gula ke sel membuat otot dan organ melemah dan tubuh kehabisan energi. Otak akan mengira kurang energi itu karena kurang makan, sehingga tubuh berusaha meningkatkan asupan makanan dengan mengirimkan sinyal lapar.

  • Penurunan berat badan tiba-tiba

Walau nafsu makan meningkat, para diabetesi dapat mengalami penurunan berat badan, bahkan sangat drastis.  Berhati-hatilah bila perubahannya sampai 5 persen dari berat badan.

Bahaya Diabetes

Penyakit diabetes melitus yang tidak dikontrol dengan baik berisiko menimbulkan penyakit lain yang tak kalah berbahaya. Berikut tiga jenis bahaya diabetes yang harus diwaspadai:

  • Penyakit jantung

Penderita diebetes tipe 2 berpotensi mengalami gagal jantung dibandingkan orang yang tak diabetes. Bahkan, diabetesi yang pernah mengalami serangan jantung, juga berisiko menderita gagal jantung kedua kalinya. Serangan jantung pada diabetesi lebih berisiko kematian dibandingkan yang bukan diabetesi. Kadar gula darah yang tinggi berisiko menimbulkan pembentukan plak atau sumbatan di dalam pembuluh darah. Jika penyumbatan terjadi di pembuluh darah koroner, maka otot jantung akan kekurangan oksigen dan nutrisi sehingga kerja jantung untuk memompa darah menjadi terhambat. Jika penyumbatan terjadi di pembuluh darah di otak, dapat terjadi stroke.

Manfaat Propolis Brazilian Untuk Diabetes – Obat-obatan pengencer darah akan diberikan kepada diabetesi yang mengalami penyakit jantung. Bila penyumbatan dan pengerasan pembuluh darah terjadi lebih parah, tentu perlu dilakukan tindakan lain, semisal, kateterisasi atau tindakan pemasangan stent (ring) di
pembuluh darah koroner. Bagaimana pencegahannya? Secara prinsip, agar diabetesi tak mengalami komplikasi berat, maka kadar gula darah harus terkontrol. Kuncinya dengan gaya hidup sehat, seperti menjaga pola makan seimbang, melakukan aktivitas fisik, tidak merokok. Ikuti diet yang disarankan dokter dan rutin berkonsultasi.

  • Kerusakan sistem saraf

Komplikasi lain dari kadar gula darah yang tidak terkontrol dengan baik dan tetap pada kondisi tinggi dalam waktu lama adalah munculnya kerusakan serabut atau serat-serat saraf tepi. Kerusakan ini dapat terjadi pada tungkai, kaki, sistem pencernaan, saluran kemih, pembuluh darah, bahkan jantung, bergantung pada tingkat kerusakan saraf yang terjadi.

  • Luka yang sulit sembuh dan infeksi

Komplikasi ketiga adalah ulkus diabetikum, yaitu adanya luka yang lama, tidak sembuh- sembuh, permukaan luka cukup dalam, bengkak, dengan bau busuk yang khas. Ulkus diabetikum merupakan penyebab seringnya dilakukan amputasi pada diabetesi. Penyumbatan pembuluh darah dan kerusakan saraf akibat kadar gula darah yang tinggi dan tak terkontrol menyebabkan aliran darah menuju ujung kaki tidak lancar. Luka menjadi sukar sembuh, oksigen dan sel darah putih sulit mencapai jaringan, imunitas tubuh menurun, dan terjadi penurunan fungsi sel darah putih dalam melawan kuman yang masuk ke dalam tubuh. Akibatnya, terjadi infeksi pada luka yang sukar sembuh itu dan selanjutnya dapat berakibat terjadinya pembusukan.

Agar terhindar dari komplikasi ketiga ini, penderita diabetes wajib menjaga kondisi kaki. Borok pada kaki merupakan komplikasi yang umum dialami oleh diabetesi tipe 2. Karena itu, jagalah kondisi kaki dan waspadai luka yang tak kunjung sembuh. Selain itu, menerapkan pola makan sehat, seperti meningkatkan konsumsi makanan kaya serat dan menghindari makanan berlemak atau berkadar gula tinggi, melakukan olahraga teratur, menurunkan berat badan bagi yang mengalami kegemukan, dan berhenti merokok mengingat merokok dapat meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular.

Manfaat Propolis Brazilian Untuk Diabetes

Manfaat Propolis Brazilian Untuk Diabetes – Propolis Brazilian yang di ekstraksi menggunakan Technology Nano (1 per satu miliar) yang berhasil membuat racikan Propolis dengan Kualitas Terbaik. Hasil racikannya membuat Propolis Nano Tech lebih bening dan molekulnya lebih kecil sehingga mudah diserap oleh sel tubuh. Mengandung 90% nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh, seperti: Vitamin lengkap, Asam amino, Mineral dari kandungan propolis yaitu Bioflavonoid.

 

 

Propolis mengandung antiseptik alami yang sudah digunakan sejak jaman mesir kuno. Propolis banyak dimanfaatkan untuk membantu mempercepat penyembuhan luka. Selain bersifat sebagai antiseptik alami, propolis juga bersifat sebagai antiinflamasi sehingga juga bermanfaat untuk membantu mencegah peradangan pada luka. Propolis juga banyak digunakan sebagai obat kumur.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *