Manfaat Propolis Untuk Menghilangkan Ketombe

Manfaat Propolis Untuk Menghilangkan Ketombe – Ketombe atau dandruff adalah serpihan kulit kepala berwarna putih atau keabu-abuan yang mengelupas dan menempel pada rambut atau terlihat di bahu Anda.

Meski ketombe tidak menular atau jarang sekali menjadi penyakit yang serius, kondisi ini bisa terlihat memalukan dan terkadang sulit untuk ditangani. Ketombe bukanlah permasalahan pada rambut atau seberapa sering Anda mencucinya. Ketombe adalah masalah pada kulit kepala.

Manfaat Propolis Untuk Menghilangkan Ketombe

Penyebab Munculnya Ketombe

Tubuh secara teratur akan merontokkan sel kulit mati setelah membentuk sel kulit baru. Yang menjadi masalah adalah sel-sel kulit yang tumbuh dan mati dengan terlalu cepat. Kematian sel kulit yang lebih cepat akhirnya menyebabkan munculnya ketombe.

Penyebab percepatan pertumbuhan dan juga kematian sel kulit ini masih belum diketahui. Salah satu kemungkinannya adalah dermatitis seboroik, yaitu sebuah kondisi yang menyebabkan kulit menjadi berminyak.

Selain itu, beberapa kondisi bisa membuat ketombe makin parah. Pemakaian produk perawatan rambut yang berlebihan, mengalami stres, dan terlalu sering atau jarang mencuci rambut bisa berisiko memperparah ketombe yang muncul.

Diperkirakan satu dari dua orang yang hidup di kawasan Eropa Barat dan Amerika Utara pernah mengalami rambut berketombe. Ketombe sering muncul pada masa remaja atau puber.  Ketombe lebih umum terjadi pada pria daripada wanita. Beberapa penelitian menduga bahwa dengan mengonsumsi minuman beralkohol yang berlebihan dan dibarengi dengan makanan yang terlalu asin, manis atau pedas bisa memperparah ketombe.

Manfaat Propolis Untuk Menghilangkan Ketombe

Manfaat Propolis Untuk Menghilangkan Ketombe

Gejela ketombe

Gejala ketombe sangat mudah dikenali. Serpihan kulit mati berwarna putih atau keabu-abuan dan kadang berminyak dapat terlihat dengan jelas  saat menempel pada rambut atau ketika berjatuhan di bahu penderita. Selain itu, biasanya ketombe diikuti dengan rasa gatal yang muncul di kulit kepala.

Sedangkan pada bayi, ketombe yang muncul sering diistilahkan dengan nama cradle cap. Ini adalah kondisi kelainan yang mengakibatkan kulit kepala bayi menjadi bersisik. Umumnya terjadi pada bayi yang baru lahir, tapi bisa juga muncul pada masa pertumbuhan bayi. Cradle cap biasanya bukanlah sebuah kondisi yang berbahaya dan cenderung hilang dengan sendirinya saat bayi memasuki usia satu tahun.

Baca Juga : Atasi Penyakit Kulit Dengan Propolis Brazillian”

Cara mencegah ketombe

  • Konsumsi Makanan Bergizi

    Salah satu penyebab ketombe yang kerap disepelekan adalah kurangnya asupan nutrisi. Maka dari itu, bagi yang sedang menerpkan diet, jangan sampai meninggalkan sayuran, buah serta makanan dengan kandungan protein agar tubuh tetap sehat dan terbebas dari masalah ketombe. Selain itu, jangan lupa pula mengimbanginya dengan menyantap makanan laut yang kaya akan protein dan omega-3 yang baik untuk kesehatan kulit kepala dan rambut.

  • Cukupi Kebutuhan Cairan Harian

    Mengonsumsi air putih minimal delapan gelas dalam sehari juga bisa menghindarkanmu dari kulit kepala kering. Kondisi kulit kepala kering merupakan salah satu penyebab ketombe. Maka dari itu, bagi yang ingin memiliki rambut indah dan sehat, jangan sampai malas meminum air putih dalam porsi yang dianjurkan. Air putih juga dapat meluruhkan kandungan toksin di dalam tubuh.

  • Pilih Shampo yang Tepat

    Memilih produk perawatan rambut, terutama sampo tidak boleh sembarangan. Pasalnya, kondisi mau pun jenis kulit kepala setiap orang berbeda-beda. Maka dari itu, sebelum membeli sampo, perhatikan komposisi di dalamnya. Langkah tersebut juga menghindarkanmu dari masalah rambut berketombe. Misalnya saja bagi yang memiliki kulit kering, gunakan sampo anti ketombe dengan tambahan moisturizer seperti yoghurt, madu atau pun susu di dalamnya.

  • Bersihkan Kepala Secara Rutin

    Masalah kebersihan rambut juga menjadi poin penting dalam mencegah ketombe. Banyakany akotoran dan debu yang menempel pada kulit kepala dapat menjadi salah satu penyebab ketombe. Maka dari itu, jangan malas untuk mengeramasi rambut secara berkala. Waktu idealnya adalah dua hingga tiga kali dalam seminggu.

  • Bersihkan Kepala Secara Rutin

    Masalah kebersihan rambut juga menjadi poin penting dalam mencegah ketombe. Banyakany akotoran dan debu yang menempel pada kulit kepala dapat menjadi salah satu penyebab ketombe. Maka dari itu, jangan malas untuk mengeramasi rambut secara berkala. Waktu idealnya adalah dua hingga tiga kali dalam seminggu.

Manfaat Propolis Untuk Menghilangkan Ketombe

Manfaat Propolis Untuk Menghilangkan Ketombe – Manfaat propolis bagi kehidupan manusia sangatlah baik untuk kesehatan kulit dan berkhasiat luar biasa. Mengingat propolis sendiri adalah membantu dalam proses antibiotik alami.

Propolis juga diduga dapat membantu penyembuhan luka yang disebabkan oleh virus. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa penyembuhan luka lebih cepat jika dibandingkan dengan pengobatan konvensional. Tapi, pernyataan ini masih perlu diuji untuk membuktikan hasil yang lebih kuat.

Obat Ampuh Gigi Yang Berlubang

 

Propolis mengandung antiseptik alami yang sudah digunakan sejak jaman mesir kuno. Propolis banyak dimanfaatkan untuk membantu mempercepat penyembuhan luka. Selain bersifat sebagai antiseptik alami, propolis juga bersifat sebagai antiinflamasi sehingga juga bermanfaat untuk membantu mencegah peradangan pada luka. Propolis juga banyak digunakan sebagai obat kumur.

 

Gratis Ongkos Kirim Seluruh Indonesia
Untuk Pembelian Minimal 1 Box (7Botol)
Ingat! Harga Ini Adalah Harga Promo, dan Sewaktu-waktu Bisa Naik.
PESAN SEKARANG JUGA Sebelum Harganya Naik!!..

 

 

 

Sumber :

  • https://www.alodokter.com/ketombe
  • https://www.vemale.com/topik/rambut-sehat/93692-10-cara-mencegah-ketombe-lewat-gaya-hidup-yang-tepat.html

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *