Manfaat Propolis Untuk Obat Batuk

Manfaat Propolis Untuk Obat Batuk – Batuk adalah respons alami dari tubuh sebagai sistem pertahanan saluran napas jika terdapat gangguan dari luar. Respons ini berfungsi membersihkan lendir atau faktor penyebab iritasi atau bahan iritan (seperti debu atau asap) agar keluar dari paru-paru dan.

Manfaat Propolis Untuk Obat Batuk

Batuk jarang mengindikasikan penyakit serius dan umumnya akan sembuh dalam waktu tiga minggu, sehingga tidak membutuhkan pengobatan. Keefektifan obat batuk juga belum terbukti sepenuhnya. Ramuan buatan sendiri seperti air madu dan lemon bisa membantu meringankan batuk ringan.

Jenis-jenis Batuk

Jenis-jenis batuk dibedakan menjadi batuk berdahak dan batuk kering. Batuk berdahak dikenal dengan istilah batuk produktif karena batuk ini disertai dengan meningkatnya produksi lendir atau dahak di tenggorokan. Sedangkan batuk kering dikenal dengan istilah batuk nonproduktif karena batuk ini tidak disertai dengan dahak.

Tanda-tanda awal batuk kering biasanya adalah rasa gatal di tenggorokan yang memicu batuk. Batuk tanpa dahak ini biasa terjadi pada tahap akhir pilek atau ketika ada paparan bahan iritan.

Pada kasus yang berdahak, batuk justru sangat membantu karena berfungsi mengeluarkan dahak. Dahak tersebut bisa berasal dari tenggorokan, sinus, serta paru-paru.

Selain itu, terdapat juga istilah batuk alergi, yang umumnya merupakan batuk kering, dan batuk yang menyertai flu, yang bisa muncul baik dalam bentuk batuk kering maupun berdahak.

Penyebab Batuk

Infeksi saluran pernafasan akibat virus adalah penyebab utama pada sebagian besar pengidap. Di samping itu, ada beberapa penyebab batuk

  • Penyakit jangka panjang yang kambuh, misalnya asma,, Penyakit Paru Obstruktif Kronik (PPOK), atau bronkitis kronis.
  • Rinitis alergi misalnya alergi terhadap serbuk sari (hay fever).
  • GERD. Penyakit ini menyebabkan asam lambung berkumpul pada esofagus dan memicu batuk.
  • Cairan dari hidung yang menetes ke tenggorokan.
  • Merokok atau menggunakan tembakau dengan cara lain.
  • Paparan debu, asap, serta senyawa kimia.

Meski jarang terjadi, faktor-faktor di atas tetap bisa menjadi penyebab awal dari penyakit yang menyebabkan batuk jangka panjang.

Manfaat Propolis Untuk Obat Batuk

Manfaat Propolis Untuk Obat Batuk

Diagnosis Batuk

Manfaat Propolis Untuk Obat Batuk – Dokter akan menanyakan gejala dan memeriksa kondisi fisik Anda. Riwayat medis Anda dan keluarga juga akan ditanyakan pada awal pemeriksaan. Jika tidak yakin dengan penyebab batuk Anda, Dokter kemungkinan akan menganjurkan pemeriksaan lebih lanjut yang berupa:

  • Pengambilan sampel dahak untuk menentukan adanya infeksi bakteri dan jenis antibiotik yang akan diberikan jika batuk disebabkan oleh bakteri.
  • Rontgen dada untuk memeriksa entah Anda mengalami infeksi paru-paru.
  • Spirometri, yaitu prosedur menarik dan menghembuskan napas lewat tabung yang terhubung dengan mesin. Langkah ini berfungsi untuk memeriksa apakah Anda memiliki penyakit saluran pernapasan atau tidak.
  • Tes alergi untuk memeriksa entah batuk Anda diakibatkan sesuatu yang memicu alergi, misalnya tungau debu.

Pengobatan Batuk

Batuk ringan jarang membutuhkan langkah pengobatan yang serius, cukup diatasi dengan obat batuk untuk meredakan rasa gatal, atau untuk mengencerkan dahak agar lebih mudah dikeluarkan.

Namun jika batuk masih berkepanjangan, itu bisa menjadi pertanda adanya infeksi saluran pernapasan yang lebih serius. Konsultasikanlah ke dokter jika Anda mengalami batuk yang parah dan tidak kunjung reda, sehingga pengobatan dapat segera dilakukan.

Batuk ringan memang jarang membutuhkan langkah pengobatan tertentu. Namun, segera konsultasikan kepada dokter jika Anda mengalami batuk yang:

  • Lebih dari tiga minggu akibat infeksi virus.
  • Bertambah parah.
  • Disertai darah, kesulitan bernapas, sakit dada, penurunan berat badan tanpa alasan jelas, demam, atau terjadi pembengkakan dan muncul benjolan di leher.

Baca Juga : Hati-hati Bahaya Propolis Palsu”

7 Penyakit Berbahaya yang Ditandai dengan Batuk. Waspada dan Segera Berobat!

  • Penyakit TBC

Penyakit menular ini menyerang paru-paru dengan gejala yang cukup mudah dikenali, seperti batuk berdahak hingga berdarah, sesak nafas dan nyeri di dada, demam, nafsu makan hingga, dan batuk parah tak berhenti hingga 3 minggu. Jika kamu alami hal ini segeralah periksa ke dokter.

  • Bronkitis

Penyakit ini juga menyerang paru-paru yang sering terjadi karena bakteri, namun juga didorong oleh gaya hidup tak sehat seperti merokok. Bronkitis juga menular lewat udara.

Gelaja penyakit ini yakni, batuk berdahak hingga berdarah, sesak nafas, flu tak kunjung sembuh, pembengkakan di area kaki, gangguan penglihatan, dan sakit kepala hebat.

  • Pertusis

Batuk rejan sangat mudah menular meskipun sudah divaksinasi. Biasanya, batuk ini akan diobati dengan antibiotik oleh dokter. Selain itu, penyakit yang disebabkan oleh bakteri ini juga bisa menyebabkan kematian jika menyerang balita.

  • Pneumonia

Batuk pneumonia bisa menjadi tanda kamu menderita sakit parah. Penyakit ini disebabkan oleh infeksi pernapasan pada paru-paru, yang akhirnya akan menyebar hingga paru-paru terisi nanah. Penyakit ini bisa menyebabkan kematian karena sulitnya bernapas dan harus segera ditangani oleh dokter.

  • Acid reflux

Batuk ini juga di sebut GERD (gastroesophageal reflux disease), yang disebabkan asam lambung naik ke kerongkongan dan ujung sarafnya akan teriritasi, sehingga batuk secara terus menerus tak bisa dihindari. Sayangnya batuk ini masih sulit didiagnosa. Namun pada umumnya dokter akan memberikan obat antasida.

  • Postnasal drip

Postnasal drip kronis ditandai dengan batuk kering maupun basah selama dua bulan atau lebih. Batuk ini disebabkan oleh lendir terakumulasi ke sinus dan masuk ke belakang tenggorokan, sehingga terasa menggelitik dan memicu batuk. Biasanya dokter akan memberikan obat jenis antihistamin atau steroid untuk mengurangi peradangan.

  • Batuk Asma

Asma sering ditandai dengan batuk kering secara terus-terusan. Pada malam hari, batuk akan makin buruk dan sangat sensitif dengan udara dingin, debu, bulu hewan peliharaan, bahkan serbuk atau sari bunga. Ketika periksa ke dokter, biasanya kamu direkomendasikan menggunakan inhaler atau suntikan Antihistamin untuk mengobatinya.

Manfaat Propolis Untuk Obat Batuk

Manfaat Propolis Untuk Obat Batuk – Kandungan propolis brazillian hi tech nano sangat bermanfaat sebagai anti bakteri, anti virus, anti jamur, anti mikroba, anti inflamasi, membantu menurunkan tekanan darah, sebagai pengantar daya imun atau immunomodulatory serta memiliki anti oksidan yang tinggi. Kandungan antioksidan 1 tetes propolis = antioksidan 500 buah jeruk.propolis hi tech nano

Propolis Brazillian Hi Tech Nano mengandung kandungan yang berkhasiat. Dengan manfaat diatas  sangat bermanfaat dalam membantu menanggulangi penyakit demam berdarah, dan demam yang tinggi.

Propolis Brazilian Nano Tech Merupakan Produk Terbaik karena:

  • Diproses Dengan Nano Technology
  • Speed Effect (Reaksi Cepat)
  • No Range (Tidak Ada Batasan Umur dan Kelamin)
  • Multiguna (Untuk Dalam Tubuh Dan luar Tubuh)
  • Health Food (Makanan Kesehatan Untuk yang Sehat Ataupun yang Sakit)
  • Tidak Ada Efek Samping

 

 

 

Sumber :

  • https://www.alodokter.com/batuk-batuk
  • https://www.yukepo.com/hiburan/tips/7-penyakit-berbahaya-yang-ditandai-dengan-batuk-waspada-dan-segera-berobat/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *