Manfaat Propolis untuk Perawatan Kulit

Manfaat Propolis untuk Perawatan Kulit  – Kulit merupakan organ tubuh terbesar yang menutupi seluruh permukaannya. Kulit berfungsi sebagai pelindung tubuh dari cedera dan patogen. Kulit juga mengatur suhu tubuh, mengendalikan kehilangan cairan yang tak terasa (insensible fluid loss), serta menyimpan vitamin D, lemak, dan air.

Manfaat Propolis untuk Perawatan Kulit

Kulit terdiri dari tiga lapisan, yaitu:

  • Epidermis – Epidermis adalah lapisan pelindung dan tanpa pembuluh darah dari kulit. Lapisan ini 90% terdiri dari sel skuamosa atau keratinosit, yang menghasilkan keratin. Fungsi utama keratinosit adalah melindungi tubuh dari kerusakan kulit akibat panas, kehilangan cairan, virus, jamur, bakteri, dan parasit. Setiap bagian tubuh memiliki ketebalan epidermis yang berbeda; paling tebal di telapak kaki dan tangan, sedangkan paling tipis di kelopak mata (sekitar 0.05 mm).
  • Dermis – Lapisan ini terletak di antara epidermis dan hipodermis. Dermis terdiri dari dua lapisan, yaitu dermis papilla dan retikular, yang membantu melindungi tubuh dari tegangan dan tekanan. Dermis juga mengandung kelenjar apokrin, jaringan penghubung, pembuluh darah, folikel rambut, kelenjar keringat, dan pembuluh limfatik. Pada lapisan ini termoreseptor dapat ditemukan, yang mendeteksi panas dan mekanoreseptor, yang peka terhadap sentuhan.
  • Hipodermis atau jaringan subkutan – Hipodermis merupakan lapisan kulit yang paling tebal. Lapisan ini dilekatkan oleh serat elastin dan kolagen pada dermis. Hipodermis sebagian besar terdiri dari adiposa atau sel yang mengumpulkan dan menyimpan lemak. Hipodermis juga mengandung pembuluh darah dan saraf yang lebih besar daripada yang ditemukan di dermis.

Jenis-jenis Penyakit Kulit

  • Ruam – Ruam merupakan istilah untuk semua jenis perubahan warna atau peradangan kulit yang membuat kulit terlihat tidak normal. Contohnya adalah cacar air, rubella, urtikaria, intertrigo (ruam kulit di lipatan tubuh), rosacea, dan eksim. Ruam dapat disebabkan oleh obat-obatan, suhu ekstrim, gigitan serangga, kondisi medis, atau infeksi.
  • Jerawat – Jerawat merupakan gangguan kulit yang paling umum. Setidaknya 85% orang pasti pernah terkena jerawat, yang muncul saat kulit tersumbat oleh bakteri, kulit mati, atau minyak.
  • Kanker kulit – Jenis kanker yang paling umum ini terjadi akibat terlalu banyak terkena sinar ultraviolet dari matahari atau tempat tidur pencoklatan kulit.
  • Psoriasis – Psoriasis adalah penyakit kulit yang menyebabkan peradangan dan kerak. Psoriasis terjadi saat antibodi tubuh menyerang sel kulit, sehingga sel bereproduksi dengan sangat cepat dan menumpuk di kulit.
  • Kurap – Kurap adalah gangguan kulit akibat infeksi jamur yang banyak ditemukan pada anak. Penyakit ini dapat menular dan biasanya timbul di kulit kepala dan kaki.
  • Ketombe – Ketombe merupakan gangguan umum pada kulit kepala yang dapat diakibatkan oleh kulit kering, dermatitis seboroik, penyakit saraf, atau infeksi jamur.

Baca juga : Manfaat Propolis Untuk Kulit Wajah”

Manfaat Propolis untuk Perawatan Kulit

Manfaat Propolis untuk Perawatan Kulit

Cara Menjaga Kulit

  • Gunakan sunscreen

Salah satu hal yang paling penting yang dapat Anda lakukan untuk merawat dan menjaga agar kulit Anda tetap cantik adalah dengan melindunginya dari sinar matahari. Paparan sinar matahari selama Anda hidup adalah salah satu penyebab kulit menjadi keriput, munculnya bintik hitam (age spots), dan masalah kulit lainnya. Matahari memerankan peran penting dalam penuaan dini pada kulit. Inilah pentingnya melindungi kulit Anda dari sinar matahari setiap hari, meski sedang musim panas maupun penghujan.

Sebelum keluar rumah, aplikasikan sunscreen (minimal SPF 30) pada seluruh bagian tubuh yang tidak terlindungi dan punya kans terpapar sinar matahari. Gunakan sepanjang hari saat Anda berada di luar ruangan, selalu bawa sebotol lotion di tas Anda untuk berjaga-jaga. Anda juga bisa menggunakan moisturizer yang memiliki kandungan SPF tinggi yang dapat melembapkan sekaligus melindungi kulit Anda.

  • Konsumsi 5 porsi buah dan sayuran setiap hari

Manfaat Propolis untuk Perawatan Kulit – Buah dan sayuran kaya akan antioksidan yang dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan. Vitamin C adalah salah satu antioksidan yang dapat membantu memperbaiki kerusakan kulit dan meremajakannya. Vitamin A juga merupakan antioksidan lainnya yang membantu pertumbuhan sel-sel serta menjaganya dari kerusakan. Diet yang kaya akan buah dan sayur dapat membuat kulit nampak sehat dan cerah.

  • Hindari scrubbing berlebihan

Mengelupas kulit dengan lembut adalah cara yang jitu untuk menghilangkan sel kulit mati dan kembali mencerahkan kulit. Namun proses pengelupasan yang berlebihan justru menyebabkan iritasi dan peradangan. Biasanya saat menggunakan scrub, kita cenderung menggosok kulit secara berlebihan. Gesekan yang terjadi secara konstan ini dapat mengikis lapisan kulit yang mengandung minyak alami, sehingga menyebabkan kulit iritasi dan kering. Bahkan dapat menyebabkan hyperpigmentation yang berujung pada noda yang menggelap pada kulit.

Kapan Anda tahu telah over-scrubbing?

  1. Hilangnya kelembapan pada kulit
  2. Ada area-area yang super kering hingga mengelupas
  3. Kurit memerah akibat iritasi
  4. Kulit terasa sensitif pada produk-produk yang biasa Anda gunakan (terasa perih saat digunakan)
  5. Gatal-gatal

Lakukan scrubbing atau pengelupasan kulit satu atau dua kali per minggu, bergantung pada seberapa sensitif kulit Anda.

  • Jangan gunakan berbagai produk pada waktu bersamaan

Manfaat Propolis untuk Perawatan Kulit – Pada waktu tertentu, kita memang kerap mencoba beberapa produk berbeda bagi kulit dengan harapan dapat menemukan satu jenis/merek yang cocok. Namun eksperimen ini justru terbukti berefek buruk pada kulit Anda. Menggunakan banyak produk dapat menyebabkan iritasi dan peradangan pada kulit. Dan bila Anda memiliki kulit yang sensitif, Anda justru mengundang masalah besar karena sebagian produk dapat menimbulkan reaksi alergi yang justru dapat merusak kulit.

Hindari membebani kulit Anda dengan produk-produk berbahan dasar kimia. Selalu tes produk baru, kosmetik, dan lotion dalam jumlah kecil di kulit lengan Anda sebelum mengaplikasikannya pada wajah. Atau lebih baik lagi gunakan produk herbal atau alami yang cenderung lebih aman dan murah untuk merawat kulit Anda.

  • Hindari memencet jerawat

Memencet jerawat adalah salah satu kebiasaan yang berpengaruh buruk. Hal ini dapat menyebabkan iritasi yang tidak semestinya terjadi, kemerahan, serta rasa sakit di sekitar area jerawat. Bahkan dapat meninggalkan bekas luka yang sulit dihilangkan. Saat Anda memberi tekanan pada jerawat untuk mengeluarkan sebum dan isi lainnya, Anda justru “merobek” kulit Anda dan menyebabkan trauma serta menambah intens peradangan yang terjadi. Kotoran dan bakteri dari wajah dan jari-jari Anda juga menempel di jerawat dan membuat masalah lain muncul pada kulit Anda.

  • Hindari merokok sekaligus asapnya

Banyak penelitian yang menunjukkan bahwa merokok dapat memberikan efek yang sangat buruk pada kulit. Kegiatan ini dapat merusak lapisan terluar kulit sehingga menyebabkannya nampak kusam. Asap rokok yang ada di sekitar Anda juga dapat membuat permukaan kulit kering. Merokok dapat mengurangi jumlah aliran darah ke kulit karena dapat mengerutkan pembuluh darah, sehingga kulit akan kekurangan oksigen dan nutrisi esensial lainnya. Merokok juga dapat meningkatkan produksi enzim yang justru dapat menguraikan kolagen di kulit, sehingga kulit akan mudah kendur.

  • Tidur telentang

Tidur jelas merupakan hal yang penting untuk kesehatan kulit. Bila Anda tidak memiliki waktu yang cukup untuk tidur, hal ini dapat menimbulkan kantung di bawah mata Anda. Penelitian menunjukkan bahwa kurang tidur dapat meningkatkan tanda-tanda penuaan dan memperlambat proses penyembuhan kulit dari stresor yang didapat dari lingkungan sekitar, seperti hilangnya pelindung (pelembap) kulit atau radiasi sinar ultraviolet.

Bukan hanya kuantitas tidur yang penting, namun posisinya pun berpengaruh. Cobalah untuk tidur secara telentang dan naikkan posisi kepala Anda dengan menggunakan dua buah bantal sebagai alas. Kebiasaan tidur secara tengkurap dapat menyebabkan aliran darah tidak lancar dan menimbulkan lingkaran hitam di area mata Anda.

Para ahli menyarankan untuk meminum 8-10 gelas air putih setiap harinya. Tidak hanya hal ini penting bagi tubuh, namun juga untuk kesehatan kulit Anda. Air putih juga dapat mengeliminasi racun-racun yang ada dari tubuh Anda.

Manfaat Propolis untuk Perawatan Kulit

Manfaat Propolis untuk Perawatan Kulit – Propolis sangat bermanfaat pada Thymus yang merupakan tenaga kehidupan. Propolis membantu mengaktifkan kelenjar Thymus yang menjalankan sistem imunisasi tubuh. Kelenjar Thymus berada pada pangkal leher dan mengandung Lympocytes yang memberikan kekebalan pada kuman dan penyakit.

 

propolis

 

Propolis adalah semacam getah yang dikumpulkan oleh lebah madu dari berbagai pohon, aliran getah, atau sumber botani lainnya.

Sejak dahulu hingga kini, propolis dipercaya sebagai Herbal yang mampu membantu proses penyembuhan berbagai penyakit.

Kandungan antioksidan 1 tetes propolis = antioksidan 500 buah jeruk. Disamping itu, propolis kaya akan asam amino, vitamin-vitamin, bioflavonoids.

 

 

Sumber :

  • https://www.docdoc.com/id/info/body/skin/
  • https://klinikkecantikan.co.id/perawatan/kulit/cara-merawat-kulit-agar-tetap-sehat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *