Obat Gagal Ginjal Propolis Brazillian

Obat Gagal Ginjal Propolis Brazillian – Penyakit ginjal adalah gangguan yang terjadi pada organ ginjal, yaitu dua buah organ berbentuk seperti kacang merah yang berada di kedua sisi tubuh bagian punggung bawah, tepatnya di bawah tulang rusuk.

Obat Gagal Ginjal Propolis Brazillian

Gangguan pada ginjal akan memengaruhi kinerja tubuh dalam mencuci darah yaitu menyaring limbah tubuh dan cairan berlebih yang akan menjadi urine. Secara lebih spesifik, ginjal memiliki beberapa fungsi penting, antara lain:

  • Menyaring limbah tubuh (termasuk zat kimia, obat-obatan, dan makanan) dalam darah.
  • Menjaga keseimbangan kadar garam, mineral, cairan, dan asam darah dalam tubuh.
  • Menghasilkan eritropoetin, yaitu hormon yang berfungsi dalam pembentukan sel darah merah.
  • Menghasilkan renin, yaitu enzim yang membantu mengatur tekanan darah.
  • Menghasilkan senyawa aktif dari vitamin D untuk menjaga kesehatan tulang.

Ketika fungsi ginjal terganggu, zat sisa limbah tubuh dan cairan yang menumpuk di dalam tubuh akan menyebabkan gejala berupa pembengkakan pada pergelangan kaki, mual, muntah, lemas, dan sesak napas.

Penyakit ginjal dapat dipicu oleh kondisi lainnya, misalnya karena diabetes dan tekanan darah tinggi. Artinya, seseorang berisiko mengalami gangguan ginjal jika mengalami diabetes, tekanan darah tinggi, atau memiliki riwayat penyakit ginjal dalam keluarga.

Gejala Penyakit Ginjal

Obat Gagal Ginjal Propolis Brazillian – Gejala penyakit ginjal tergantung dari jenis penyakitnya dan apakah penyakit tersebut mengakibatkan penurunan fungsi ginjal. Beberapa gejala penurunan fungsi ginjal dan gejala penyakit ginjal secara spesifik, antara lain:

  • Terjadi pembengkakan di pergelangan kaki dan sekitar mata.
  • Mual, muntah, kehilangan nafsu makan, dan penurunan berat badan.
  • Volume urine dan frekuensi buang air kecil berkurang.
  • Urine berbusa.
  • Merasa lelah dan sesak napas.
  • Kulit kering dan terasa gatal.
  • Terjadi kram otot, terutama di tungkai.
  • Susah tidur.
  • Tekanan darah tinggi.
  • Gangguan irama jantung.
  • Penurunan kesadaran.
  • Pada gagal ginjal akut dapat terlihat tanda dehiderasi/.
  • Nyeri punggung bawah dan urine bercampur darah dapat terjadi pada penderita batu ginjal, penyakit ginjal polikistik, dan infeksi ginjal.
  • Pada penderita infeksi ginjal dan batu ginjal dapat timbul keluhan demam dan menggigil.

Anak-anak yang mengalami penyakit ginjal akan mudah mengantuk, tidak bertenaga, kehilangan nafsu makan, dan pertumbuhannya terhambat.

Obat Gagal Ginjal Propolis Brazillian

Obat Gagal Ginjal Propolis Brazillian

Penyebab penyakit ginjal

1. Penyakit umum/ sistemik

  • Kencing manis seperti diabetes mellitus, hipertensi, cholesterol tinggi – dyslipidemia.
  • SLE seperti penyakit lupus, penyakit kekebalan tubuh lain, asam urat tinggi – hyperuricemia – gout
  • Infeksi di badan seperti  paru (TBC), sifilis, malaria, hepatitis, preeklampsia, obat-obatan, amiloidosis, kehilangan carian banyak yang mendadak seperti muntaber, perdarahan, luka bakar. Hal-hal tersebut di atas dapat berakibat gangguan penyakit pada ginjal.

2. Penyakit lokal pada ginjal

  • Penyakit pada saringan (glomerulus) – glomerulonephritis,
  • Infeksi seperti karena kuman – pyelonephrits, ureteritis,
  • Karena turunan, kelainan proses di ginjal nephrolithiasis.
  • Kista seperti di ginjal–polcystic kidney
  • Karena  trauma atau karena benturan, terpukul, keganasan–kanker–malignancy.
  • Sumbatan seperti  tumor, penyempitan atau striktur.

Baca Juga : Obati Flu dan Batuk Dengan Propolis Brazillian”

Cara Mencegah Gagal Ginjal

1. Memagajemen  Diabetes, Tekanan Darah Tinggi Dan Penyakit Jantung Dengan Baik : Penyakit ginjal adalah penyakit sekunder sebagai akibat dari penyakit primer. Kondisi seperti diabetes, tekanan darah tinggi, dan penyakit jantung adalah penyebab utama disebagian besar kasus penyakit ginjal. Oleh karena itu, selalu kendalikan kadar gula, kadar kolesterol dan, tekanan darah dengan jalan mengikuti diet sehat, olahraga. Pedoman pengobatan yang benar sangat penting untuk mencegah penyakit ginjal.

2. Mengurangi Asupan Garam : Garam adalah sumber yang meningkatkan kadar natrium dari diet Anda. Natrium tinggi tidak hanya meningkatkan tekanan darah, tetapi juga memicu pembentukan batu ginjal.

3. Minum Banyak Air Setiap Hari : Air sangat penting untuk membantu Anda agar tetap terhidrasi, serta membantu ginjal untuk membuang semua racun dari dalam tubuh Anda. Air juga membantu tubuh untuk mempertahankan volume dan konsentrasi darah. Hal ini juga membantu pencernaan dan mengontrol suhu tubuh. Jadi pastikan Anda terhindar dari dehidrasi dengan mendapatkan jumlah cairan yang cukup setiap hari.

4. Jangan Menahan Buang Air Kecil : Penyaringan darah adalah fungsi utama yang dilakukan oleh ginjal Anda. Ketika proses penyaringan dilakukan, maka jumlah kelebihan cairan limbah yang disimpan didalam kandung kemih perlu segera dibuang. Meskipun kandung kemih bisa menampung lebih banyak urin, namun rasa ingin BAK dirasakan saat kandung kemih sudah terisi dengan 120-150 ml urin. Jadi, jika Anda mulai mengabaikan dorongan untuk pergi ke kamar kecil, kandung kemih membentang lebih dari kapasitasnya. Hal ini mempengaruhi proses filtrasi ginjal. Baca juga Mengetahui kondisi kesehatan berdasarkan warna urin

5. Makan Dengan Benar: Hampir semua proses yang terjadi di dalam tubuh Anda dipengaruhi oleh apa yang Anda makan dan bagaimana cara Anda makan. Jika Anda makan makanan yang tidak sehat, seperti junk food dan makanan cepat saji, maka organ-organ tubuh Anda harus bekerja ekstra keras, termasuk ginjal. Anda harus menyertakan mengkonsumsi makanan yang tepat dalam diet Anda, terutama makanan yang bisamemperkuat ginjal seperti ikan, asparagus, sereal, bawang putih dan peterseli. Buah-buahan seperti semangka, jeruk dan lemon juga baik untuk kesehatan ginjal.

6. Minum-Minuman Yang Sehat : Termasuk jus segar atau jus blender adalah cara lain supaya Anda bisa memasukkan lebih banyak cairan dan menjaga ginjal Anda selalu sehat. Jus membantu sistem pencernaan untuk mengekstrak lebih banyak air dan mengeluarkan limbah dari dalam tubuh. Hindari berlebihan minum minuman bersoda, kopi atau teh, karena minuman ini mengandung kafein yang berpotensi mengurangi jumlah cairan dalam tubuh. Hal ini karena akan membuat ginjal Anda harus bekerja lebih keras lagi untuk membuangnya. Jika Anda sudah memiliki masalah dengan ginjal, maka Anda harus menghindari jus yang terbuat dari sayuran seperti bayam dan bit. Hal ini karena kedua sayuran tersebut kaya akan asam oksalat, yang menyebabkan pembentukan batu ginjal. Tapi Anda masih bisa minum air kelapa. Obat Gagal Ginjal Propolis Brazillian

7. Hindari Alkohol Dan Merokok : Kelebihan asupan alk*hol bisa mengganggu keseimbangan elektrolit dalam tubuh dan pengendali hormonal yang mempengaruhi fungsi ginjal. Mer*kok memang tidak terkait langsung dengan masalah ginjal, tetapi bisa mengurangi fungsi ginjal secara signifikan – plus memiliki efek buruk pada kesehatan jantung, yang selanjutnya bisa memperburuk masalah ginjal.

8. Olahraga Rutin : Para ahli dan peneliti yakin bahwa obesitas sangat terkait dengan masalah kesehatan yang berhubungan dengan ginjal terkait. Kelebihan berat badan akan menghadirkan resiko masalah ginjal dua kali lipat. Berolahraga, diet sehat, serta mengatur porsi makan seimbang pasti bisa membantu menurunkan kelebihan berat badan dan meningkatkan kesehatan ginjal. Selain itu, Anda akan selalu merasa segar dan aktif. Berikut lebih lanjut tentang bagaimana obesitas dan penyakit ginjal terkait .

Obat Gagal Ginjal Propolis Brazillian

Obat Gagal Ginjal Propolis Brazillian – Selain pola hidup yang sehat, Propolis dapat menjadi salah satu herbal alternatif untuk mencegah penyakit asam lambung. Propolis bersifat desinfektan (anti bakteri) yang membunuh semua kuman yang masuk ke sarang lebah. Lebah melekatkan sarangnya dengan Propolis untuk melindungi semua yang ada didalam sarang tersebut seperti ratu lebah, telur, bayi lebah dan madu dari serbuan kuman, virus atau bakteri

 

 

Bioflavonoid yang terkandung dalam Propolis dapat mendegradasi radikal bebas yang disebabkan polusi, bahan pengawet, dan bahan kimia lain yang masuk kedalam tubuh. Kemampuan kerja bioflavonoid ini setara dengan kemampuan 500 buah jeruk

Karena manfaat propolis dapat mengobati segala penyakit, sebagai antibiotik alami tanpa efek samping, Meningkatkan imunitas tubuh, mengobati dan Mencegah penyakit jantung, Menyembuhkan penyakit dari virus, bakteri, jamur, efektif untuk infeksi, dan mendegradasi radikal bebas dengan Vitamin yang setara 500 jeruk / tetes sehingga penderita penyakit asam lambung dapat disembuhkan dengan mengkonsumsi propolis secara rutin.

 

 

 

 

Sumber :

  • https://www.alodokter.com/penyakit-ginjal
  • https://www.carakhasiatmanfaat.com/artikel/cara-mencegah-penyakit-ginjal.html
  • https://marketing.co.id/hati-hati-penyakit-ginjal-mengintai-anda-ini-cara-pencegahan-dan-penyebabnya/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *