Obat Maag Kronis Ampuh Propolis Brazillian

Obat Maag Kronis Ampuh Propolis Brazillian – Maag kronis sering dianggap sepele karena sebagian besar gejalanya dapat segera sembuh dengan sendirinya. Namun jika tetap dibiarkan, gejala maag kronis bisa membahayakan nyawamu.

Obat Maag Kronis Ampuh Propolis Brazillian

Jenis maag atau gastritis ini berbeda dengan maag akut yang berlangsung tiba-tiba dan terjadi dalam jangka pendek. Maag kronis muncul seiring berjalannya waktu dan tetap memerlukan pemantauan meski gejala sudah hilang. Jika tidak diperhatikan, maag kronis bisa menjadi masalah tahunan atau bahkan seumur hidup.

Seperti Apa Gejala Maag Kronis?

Gejala maag jangka panjang ini sangat beragam. Gejala yang kamu alami mungkin akan berbeda dengan temanmu. Sebagian orang bahkan mengaku tidak merasakan keluhan berarti saat maag kambuh.

Beberapa orang dengan maag kronis tidak memiliki gejala apapun. Namun biasanya dari waktu ke waktu dapat muncul rasa sakit atau sekadar rasa tidak nyaman pada perut bagian atas.

Obat Maag Kronis Ampuh Propolis Brazillian – Secara umum, maag jangka panjang memiliki gejala utama berupa sakit perut berkesinambungan. Sensasinya seperti terbakar, diremas-remas, dan ditekan. Keluhan ini juga mungkin disertai beberapa gejala yang meliputi:

  • Mual.
  • Muntah.
  • Kehilangan nafsu makan.
  • Kembung.
  • Cepat kenyang walau hanya makan dengan porsi kecil.
  • Bersendawa.
  • Penurunan berat badan.
  • Cegukan.

Tidak semua keluhan di atas akan muncul secara bersamaan. Misalnya, kamu bisa saja tidak banyak bersendawa pada saat maag kambuh, tapi perutmu terus terasa kembung.

Obat Maag Kronis Ampuh Propolis Brazillian

Obat Maag Kronis Ampuh Propolis Brazillian

Bahaya Maag Kronis Bagi Kesehatan

Penyakit maag sering dianggap enteng karena termasuk di dalam penyakit ringan. Namun, penyakit seringan apapun jika diabaikan tanpa adanya pengobatan yang serius maka akan dapat berkembang menjadi lebih parah. Sakit maag bisa dialami oleh siapa saja, bukan hanya para orang dewasa, namun ada juga yang sudah mengalaminya semenjak anak-anak.

Obat Maag Kronis Ampuh Propolis Brazillian – Bagi yang belum tahu, maag kronis sebenarnya sama dengan Syndrome Dyspepsia yang merupakan istilah dalam kedokteran. Namanya penyakit sudah pada tahap kronis atau akut tentu tidak boleh diremehkan. Ada berbagai bahaya maag kronis yang patut untuk diwaspadai oleh penderita maag dengan memahami:

  • Muntah Darah

Kebanyakan orang menganggap bahwa sakit maag itu hal biasa karena saat sudah mengonsumsi obat maag, lambung akan otomatis membaik, tapi benarkah sudah terobati dan sembuh total? Hati-hati kalau sudah sering merasakan perut yang perih dan bahkan rasa-rasanya seperti tengah disayat menggunakan benda tajam sebab dengan membiarkannya, kemungkinan malah dapat muntah darah. Kondisi ini dapat terjadi dikarenakan adanya intensitas tinggi penyakit lambung yang tengah diderita di mana kondisinya mulau berat dan ada pengelupasan di dalamnya dan kondisi ini yang menjadi penyebab muntah darah.

  • Turunnya Kondisi Tubuh dan Nafsu Makan

Kondisi tubuh yang turun bisa dikarenakan nafsu makan yang berkurang secara berkelanjutan. Lambung yang sudah terkena sakit yang kronis akan membuat penderitanya sama sekali tidak mempunyai nafsu untuk makan, seenak apapun makanan yang ada di hadapannya. Turunnya nafsu makan dapat terjadi secara drastis. Peningkatan asam lambung yang tidak segera diatasi maka akan membuat nafsu makan hilang selama berhari-hari. Atau, hal ini dapat dipicu oleh iritasi yang terjadi di dalam sistem pencernaan. Bahkan saat kerongkongan pun terkena iritasi, makanan akan menjadi lebih sulit ditelan. Asupan makanan yang berkurang malah membuat penderita merasa sakit kepala, sering berkeringat dingin, dan wajah pun dapat berubah menjadi pucat.

  • Diare

Penderita yang sudah tahu kondisinya dan jelas-jelas memiliki sakit maag akut tapi tetap mengonsumsi makanan yang rasanya asam maupun pedas maka akan mengalami bahaya satu ini yang akan menjadi penyebab diare.  Diare adalah salah satu bahaya maag akut yang bisa terjadi kalau tidak menjaga apa yang kita makan.

  • BAB Berdarah

Bahaya berikutnya yang wajib untuk diwaspadai adalah saat buang air besar dan darah pun ikut keluar bersama dengan tinja. Ini artinya ada infeksi yang sudah terjadi di dalam lambung. Perlu segera periksakan ke dokter untuk mendapatkan solusinya sebab bisa jadi saluran pencernaan yang lain berkemungkinan memicu timbulnya borok atau luka. Tidak hanya darah saja, penderita maag akut dapat buang air besar yang disertai nanah.

  • Tumor

Lambung yang sudah jelas sakit dan berada pada tingkat akut perlu segera ditindak, yaitu dengan memilih pengobatan yang benar. Luka pada dinding lambung yang tidak segera diatasi dapat menimbulkan tumor. Inilah suatu kondisi yang disebut dengan tumor lambung dan pembedahan menjadi solusi yang disarankan oleh dokter. Ketika harus melalui proses operasi atau pembedahan, selain dari biaya yang besa, ada risiko juga yang perlu ditanggung oleh si penderita.

  • Kanker

Tumor yang muncul di lambung dapat berkembang dan akhirnya malah menjadi kanker. Maka, maag akut atau kronis sudah semestinya untuk langsung diobati, kalau tidak mempan dengan obat dokter, mulai mencari obat-obat tradisional yang ampuh supaya tidak bertransformasi ke kanker lambung. Maag pada dasarnya adalah penyakit ringan, tapi kalau diabaikan tanpa penanganan sedikit pun, penyakit ini bisa membawa si penderita kepada kematian.

Baca juga : Mengobati Maag Dengan Propolis Brazillian”

Penanganan Maag Kronis

  • Antibiotik

Salahsatu penanganan maag berdasarkan penyebab Helicobacter Pylori adalah pemberian antitibiotik. Antibiotik yang dapat digunakan yaitu Amoxicillin, Clarithromycin (Makrolida), Tetrasiklin, Metronidazole, dan Ciprofloxacin. Penggunaan antibiotik ini bertujuan membasmi bakteri Helicobacter Pylori (Eradikasi). Pemilihan antibiotik bergantung keperluan dan efek samping yang perlu dipertimbangkan.

  • Makanan lunak

Pada penderita maag, perlu mengubah jenis makanan yang dikonsumsi. Makan makanan lunak membantu dalam mengurangi serangan maag pada penderita. Makanan lunak juga cenderung akan lebih mudah dicerna.

  • Proton Pump Inhibitor

Obat ini berperan dalam mengendalikan jumlah asam lambung. Cara kerjanya adalah dengan memblok reseptor H2 yang memicu pelepasan asam lambung. Jika reseptor ini dapat di blok, maka produksi asam lambung dapat dikendalikan. Contoh obatnya yaitu Omeprazole dan Lansoprazole.

  • Atur pola makan

Pada penderita maag, sebaiknya perlu diatur pola makan, yaitu makan sebelum benar-benar lapar, dan berhenti sebelum kekenyangan. Waktu makan diatur, yaitu dalam jumlah sedikit namun sering. Selain itu hindari makan makanan yang pedas dan mengandung asam. Hal ini bertujuan untuk mengendalikan suasana asam yang tidak terlalu merusak lapisan mukosa lambung.

  • Hindari Stress

Beban pikiran berperan dalam produksi asam lambung. Biasanya orang yang stres cenderung merasa mual. Hal tersebut merupakan salahsatu tanda meningkatnya asam lambung. Selain pola makan dan konsumsi obat-obatan, pengendalian stress berperan penting dalam mengobati maag. Cara menghindari stress dapat dilakukan dengan mengerjakan hal yang kita senangi atau inginkan, refresing ke tempat yang mampu menenangkan pikiran dan kurangi aktivitas yang memerlukan pemikiran yang keras.

  • Obat Anti-Perdarahan

Pada penderita maag kronis yang mengalami muntah darah atau BAB darah akibat darah yang berasal dari luka pada mukosa lambung, perlu diberikan obat anti-perdarahan (atau obat hemostatik) untuk mengontrol perdarahan. Perdarahan yang berlebihan dapat menyebabkan penurunan Hemoglobin (Hb), yang berperan dalam mengikat oksigen untuk diedarkan oleh darah. Kekurangan Hb dapat menyebabkan penderita mudah pusing, pucat, serta mudah lelah.contoh obat yang sering digunakan adalah Karbazokrom Sulfonat.

  • Transfusi

Untuk penderita yang terlanjur kekurangan Hb, memerlukan transfusi segera untuk mempertahankan fungsi sistem tubuh. Transfusi darah (terutama Hb) bertujuan mengembalikan jumlah Hb yang hilang akibat perdarahan. Namun transfusi tidak sembarangan diberikan pada semua orang. Ada banyak faktor untuk dilakukan transfusi darah, salahsatu biasanya dokter mempertimbangkan transfusi jika Hb dibawah 8 g/dl. Obat Maag Kronis Ampuh Propolis Brazillian

  • Hindari penggunaan obat-obatan yang memiliki efek samping pada lambung

Banyak orang yang tidak mengkonsumsi obat-obatan tanpa melihat efek samping atau kontraindikasi dari obat. Hal ini tidak lepas dari banyaknya obat yang dijual bebas dan dibeli tanpa konsultasi. Beberapa obat, umunya obat NSAID memiliki efek samping mengiritasi lambung. Tidak heran banyak obatyang diminum dengan aturan minum yaitu sesudah makan. Hal ini bertujuan mencegah terjadinya iritasi lambung.

  • Hindari minuman berkafein dan bersoda

Minuman berkafein dapat memicu terjadinya serangan maag. Meminum kafein dapat memicu pengeluaran asam lambung yang berlebihan dan dapat mengiritasi. Untuk orang dengan penyakit maag, sebaiknya menghindari minum kafein seperti kopi dan teh. Minuman bersoda merupakan minuman yang bergas. Hal ini juga dapat membuat perut tidak nyaman dan terasa kembung.

Obat Maag Kronis Ampuh Propolis Brazillian

Propolis mengandung antiseptik alami yang sudah digunakan sejak jaman mesir kuno. Propolis banyak dimanfaatkan untuk membantu mempercepat penyembuhan luka. Selain bersifat sebagai antiseptik alami, propolis juga bersifat sebagai antiinflamasi sehingga juga bermanfaat untuk membantu mencegah peradangan pada luka. Propolis juga banyak digunakan sebagai obat kumur.

 

propolis

 

Propolis adalah semacam getah yang dikumpulkan oleh lebah madu dari berbagai pohon, aliran getah, atau sumber botani lainnya.

Sejak dahulu hingga kini, propolis dipercaya sebagai Herbal yang mampu membantu proses penyembuhan berbagai penyakit.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *