Penyakit asma berbahaya atau tidak

Penyakit asma berbahaya atau tidak – Asma adalah penyakit paru-paru yang juga disebut sebagai asma bronkial. Asma merupakan kondisi di mana seseorang mengalami kesulitan bernapas karena berbagai alasan. Namun penyebab yang paling umum adalah saluran pernapasan di paru-paru mengalami peradangan sehingga oksigen tidak dapat masuk ke tubuh. Pasien umumnya mendeskripsikan serangan asma seperti bernapas melalui sedotan kertas yang sempit.

Penyakit asma berbahaya atau tidak

Kondisi ini dapat terjadi pada anak-anak dan dewasa, dengan penyebab dan gejala yang beragam. Banyak “perawatan ajaib” muncul dalam beberapa tahun terakhir dan mengklaim dapat menyembuhkan asma. Namun, hingga sekarang asma masih menjadi salah satu penyebab utama kasus gawat darurat di Amerika Serikat. Berdasarkan angka resmi, sekitar 9,7 % anak Amerika dan sekitar 8,2% orang Amerika dewasa menderita kondisi ini. Ketika tidak ditangani, asma dapat menganggu aktivitas normal sehari-hari. Pada kasus yang lebih parah, asma juga dapat menyebabkan kematian.

Apabila Anda mengidap asma sejak kecil, gejalanya bisa saja menghilang saat beranjak remaja dan muncul kembali di usia dewasa. Namun, gejala asma dengan kategori menengah dan berat di masa kecil akan cenderung tetap ada. Asma dapat muncul pada usia berapa pun, tidak selalu berawal dari masa kecil.

Baca Juga : Penyakit amandel berbahaya atau tidak”

Asma adalah penyakit menahun. Apabila tidak dilakukan penanganan dengan tepat maka dapat ditemukan efek terhadap kualitas hidup, antara lain:

  • Mudah lelah
  • Masalah psikologis seperti depres
  • Gangguan pertumbuhan pada anak-anak
  • Refractory asthma, kondisi asma parah walaupun sudah dengan penggunaan terapi maksimal
  • Gagal napas
  • Kerusakan paru-paru

Penyakit asma berbahaya atau tidak

Penyakit asma berbahaya atau tidak

Gejala

Kebanyakan penderita asma pasti pernah merasakan kesulitan bernapas. Penderita dengan kondisi parah malah mungkin mengalaminya lebih sering. Gejala utama asma antara lain mengi (suara yang dihasilkan udara saat melalui saluran pernapasan yang menyempit), dada terasa seperti ada yang menghimpit, batuk, dan sulit bernapas.

Memang gejala-gejala tersebut bisa disebabkan oleh banyak hal tetapi dapat dipastikan sebagai asma apabila:

  • Sering kambuh
  • Gejala terasa lebih berat pada tengah malam dan awal pagi hari
  • Sepertinya terjadi sebagai respons dari pemicu asma—misalnya aktivitas fisik berlebihan atau terpapar alergen (seperti bulu binatang)
    Gejala asma yang memburuk dalam waktu singkat, dikenal sebagai serangan asma. Ini bisa terjadi tiba-tiba atau bertahap selama beberapa hari. Gejala-gejala serangan asma, antara lain:
  • Mengi, batuk, dan dada terasa seperti terhimpit dirasa semakin berat dan sering
  • Aktivitas makan, bicara, dan tidur terganggu oleh kesulitan bernapas
  • Jantung berdebar
  • Mengantuk, mengalami kebingungan, letih, atau pusing
  • Jari atau bibir membiru
  • Pingsan
    Jika Anda sudah didiagnosis menderita asma, pada saat serangan asma ini inhaler pereda tidak akan membantu dan hasil tes arus puncak respirasi terlihat menurun cukup drastis. Segera temui dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Bahaya Asma

Bagi Anda penderita Asma, penyakit asma ini tidak bisa dianggap sepele, beberapa penderita yang sudah parah, bisa berakibat fatal hingga meninggal dunia. Menurut WHO sebanyak 235 juta orang saat ini menderita asma, kabarnya anak – anak dan wanita lebih sensitif terserang penyakit ini dibandingkan pria.

Asma adalah salah satu penyakit tidak menular yang paling utama. Ini adalah penyakit kronis pada saluran pernapasan dari paru-paru yang meradang dan membuatnya menyempit. Asma memiliki tingkat kematian yang relatif rendah dibandingkan dengan penyakit kronis lainnya tetapi kebanyakan kematian terkait asma terjadi di negara berpenghasilan rendah dan menengah ke bawah termasuk Indonesia.

Ternyata beberapa Dokter belum mengetahui bagaimana asma ini bisa muncul, tapi dari data yang diperoleh melalui WHO bahwa asma bisa ditimbulkan karena faktor keturunan, riwayat orang tua yang menderita asma, infeksi pada saluran pernafasan ketika masih kecil.

Jika asma  terdapat dalam keluarga Anda, sebaiknya segera periksakan langsung kepada Dokter yang menangani penyakit pernafasan ini, jangan tunggu asma semakin parah. Bagi penderita biasanya serangan asma dapat terjadi ketika Anda terpapar “pemicu asma.” Pemicu Anda bisa berbeda dengan penderita asma lainnya. Pemicu mungkin termasuk alergi terhadap bulu hewan, debu atau polusi udara, sensitif terhadap asap rokok, infeksi pada saluran pernafasan, alregi terhadap bau rumput atau bunga.

Penyakit asma berbahaya atau tidak

Penyakit asma berbahaya atau tidak – Propolis Menjaga daya tahan Tubuh, adalah zat yang digunakan oleh lebah madu untuk dua fungsi penting di sekitar sarang. Bayangkan sebuah koloni dengan 35000 anggota, masing-masing dari mereka memiliki ruang kecil, merangkak di atas ruang tetangga sebelah dan berbagi makanan dan pasokan yang sama. Dan yang menakjubkan lingkungan sarang dalam kondisi sangat bersih dan mampu mencegah perkembangan dan penyebaran bakteri. Kenapa bisa begitu? Ya, Semua bisa begitu karena peran dari sanitasi propolis.

Propolis brazillian hi tech nano

Propolis sangat bermanfaat pada Thymus yang merupakan tenaga kehidupan. Propolis membantu mengaktifkan kelenjar Thymus yang menjalankan sistem imunisasi tubuh. Kelenjar Thymus berada pada pangkal leher dan mengandung Lympocytes yang memberikan kekebalan pada kuman dan penyakit.

  • Sebagai Antibiotik Alami yang kuat terhadap Virus, Bakteri, Parasit, Jamur dll
  • Membantu Memperbaiki sistem imunitas tubuh dan vitalitas
  • Membantu Memperbaiki darah dan sistem pembuluh darah dan melindungi Jantung

 

Gratis Ongkos Kirim Seluruh Indonesia
Untuk Pembelian Minimal 1 Box (7Botol)
Ingat! Harga Ini Adalah Harga Promo, dan Sewaktu-waktu Bisa Naik.
PESAN SEKARANG JUGA Sebelum Harganya Naik!!..

Pesan Sekarang Propolis

 

 

Sumber :

  • https://www.docdoc.com/id///info/condition/asma/
  • https://www.klikdokter.com/penyakit/asma
  • http://www.radiopelitakasih.com/2018/05/08/bahaya-asma-bagi-masyarakat-indonesia/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *