Penyakit Diabetes Bisa Dicegah Dengan Minum Propolis

Penyakit Diabetes Bisa Dicegah Dengan Minum Propolis- Penyakit diabetes melitus adalah kondisi di mana kandungan gula dalam darah melebihi normal dan cenderung tinggi. Penyakit diabetes adalah salah satu penyakit metabolisme yang mampu menyerang siapa saja. Diabetes melitus (DM) atau kencing manis adalah kondisi kronis dan berlangsung seumur hidup yang memengaruhi kemampuan tubuh dalam menggunakan energi dari makanan yang telah dicerna. Ada dua jenis utama dari penyakit ini: Diabetes melitus Tipe 1 dan diabetes melitus Tipe 2.

Sebanyak 350 juta orang di seluruh dunia mengidap penyakit diabetes ini. Sekitar 3-4 juta orang meninggal karena kadar gula darah yang tinggi pada 2004. Lebih dari 80 persen kematian akibat penyakit diabetes terjadi di negara dengan tingkat penghasilan menengah dan rendah. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memperkirakan jumlah kematian akibat DM akan meningkat dua kali lipat selama periode 2005 – 2030.

 

Penyakit Diabetes Bisa Dicegah Dengan Minum Propolis

 

Gejala 

Penyakit Diabetes Bisa Dicegah Dengan Minum Propolis- Tanda dan gejala diabetes pada wanita

  •  Infeksi ragi dan luka di vagina yang berulang
    Gejala diabetes pada wanita bisa diawali dengan adanya infeksi jamur pada vagina. Gejala awalnya bisa meliputi gatal, nyeri, keputihan, dan rasa sakit saat berhubungan seks. Infeksi vagina ini disebabkan oleh pertumbuhan jamur candida yang berlebih karena dipicu oleh kadar glukosa tubuh yang terlalu tinggi. Infeksi ragi yang kambuhan berulang kali kemudian bisa berkembang menjadi luka di vagina.
  •  Terkena ISK berulang
    Wanita pada dasarnya sangat berisiko terkena infeksi saluran kencing (ISK). Risiko ini bisa meningkat jika Anda memiliki diabetes. ISK terjadi saat bakteri masuk ke saluran kemih. Hasilnya, infeksi ini bisa menyebabkan buang air kecil terasa sakit bahkan kencing berdarah.Jika tidak diobati, hal ini bisa berisiko pada infeksi ginjal. ISK menjadi gejala diabetes pada wanita disebabkan karena sirkulasi darah yang buruk pada ginjal dan saluran kemih. Selain itu, adanya ketidaklancaran sel darah putih yang mengalir melalui aliran darah tidak berfungsi membunuh kuman dan bakteri yang masuk.
  •  Disfungsi seksual wanita
    Neuropati diabetik bisa menjadi salah satu gejala diabetes pada wanita. Kondisi ini terjadi ketika glukosa darah dalam kadar yang tinggi, sehingga merusak serabut beberapa saraf tubuh. Hal ini dapat memicu kesemutan dan hilangnya perasaan di berbagai bagian tubuh, termasuk tangan, kaki, dan kaki. Kondisi ini juga dapat memengaruhi sensasi di daerah vagina dan menurunkan dorongan seksual wanita.
  •  Sindrom ovarium polikistik
    Ciri wanita yang mengidap gejala diabetes juga dapat mirip dengan penderita sindrom ovarium polikistik (PCOS). Kelainan ini terjadi ketika kelenjar adrenal menghasilkan hormon pria yang lebih tinggi (hiperandrogenisme) dan terjadi resistensi insulin. Tanda-tanda Anda mengidap sindrom ovarium polikistik meliputi jadwal menstruasi yang tidak teratur, berat badan bertambah, jerawat, dan bahkan merasa depresi. Sindrom ini juga dapat menyebabkan ketidaksuburan serta peningkatan kadar gula darah.

 

 

Penyebab

Penyakit Diabetes Bisa Dicegah Dengan Minum Propolis- Penyebab diabetes ada bermacam-macam. Berikut adalah beberapa penyebab diabetes dan penjelasannya:

  • Kurangnya produksi insulin
    Diabetes terjadi ketika tubuh tidak dapat memproduksi dan menggunakan insulin secara efektif. Insulin diproduksi dalam pankreas dan akan dilepaskan ke dalam darah. Apabila produksi insulin tidak mencukupi, glukosa yang seharusnya diubah menjadi energi dengan bantuan insulin akan menumpuk dalam darah.
  • Kehamilan
    Sebagian kecil wanita hamil mengalami diabetes gestasional. Hormon yang diproduksi saat hamil dapat mengganggu sensitivitas insulin. Hal ini menyebabkan meningkatnya gula darah.
  • Genetika
    Faktor keturunan juga dapat menjadi penyebab diabetes. Menurut penuturan American Diabetes Association, keturunan diabetes memiliki risiko terkena diabetes lebih besar dibandingkan orang yang tidak memiliki keturunan diabetes.
  • Usia
    Risiko diabetes tipe 2 meningkat seiring bertambahnya usia manusia. Hal ini terjadi diakibatkan kurangnya berolahraga, penurunan massa otot, dan peningkatan berat badan seiring bertambahnya usia. Namun demikian, gaya hidup yang kurang sehat menyebabkan saat ini banyak orang yang terkena diabetes pada usia muda. Oleh sebab itu, pola hidup sehat sebaiknya diterapkan sejak dini.
  • Obesitas
    Kegemukan disinyalir menjadi salah satu penyebab diabetes. Kelebihan lemak dalam tubuh dapat menyebabkan terjadinya resistensi insulin.

Jadi, penyebab diabetes tidak hanya datang dari konsumsi gula berlebih. Namun, Anda dapat mengurangi risiko diabetes dengan menjalankan pola hidup sehat disertai dengan pola makan yang benar.

 

Baca juga “Bekas Cacar Menghitam Atasi Dengan Propolis Brazillian”

 

Penyakit Diabetes Bisa Dicegah Dengan Minum Propolis

 

Propolis juga diduga dapat membantu penyembuhan luka yang disebabkan oleh virus. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa penyembuhan luka lebih cepat jika dibandingkan dengan pengobatan konvensional. Tapi, pernyataan ini masih perlu diuji untuk membuktikan hasil yang lebih kuat.

 

 

Propolis adalah semacam getah yang dikumpulkan oleh lebah madu dari berbagai pohon, aliran getah, atau sumber botani lainnya.
Sejak dahulu hingga kini, propolis dipercaya sebagai Herbal yang mampu membantu proses penyembuhan berbagai penyakit.
Kandungan antioksidan 1 tetes propolis = antioksidan 500 buah jeruk. Disamping itu, propolis kaya akan asam amino, vitamin-vitamin, bioflavonoids

 

 

 

 

Sumber:
https://hellosehat,com/pusat-kesehatan/diabetes-kencing-manis/4-gejala
http://www.tropicanaslim,com/cari-tahu-penyebab-diabetes/?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *