Penyakit Maag Itu Sebenarnya Apa Sih?

Penyakit Maag adalah kondisi umum di mana lapisan lambung menjadi meradang. Ada banyak kemungkinan penyebab maag, mulai dari infeksi, kerusakan fisik hingga lapisan perut, atau respons dari sistem autoimun. Stres atau trauma juga dapat menyebabkan maag. Jika tidak diobati, maag dapat berlangsung selama bertahun-tahun.

Penyakit-Maag-Itu-Sebenarnya-Apa-Sih

Lambung adalah organ dari sistem pencernaan, yang terletak di perut tepat di bawah tulang rusuk. Makanan yang tertelan dicampur dengan jus lambung yang mengandung enzim dan asam klorida. Lapisan lambung, yang disebut epitel, dilapisi dengan beberapa lipatan. Epitel dilapisi dengan lendir (mukosa lambung) yang disekresi oleh kelenjar khusus. Peradangan yang disebabkan oleh maag terjadi pada lapisan ini.

Baca juga : “Jangan Konsumsi Ini Untuk Penderita Penyakit Asam Lambung

Maag terbagi menjadi 2 jenis yaitu akut dan kronis. Maag akut melibatkan peradangan mendadak dan parah. Sedangkan maag kronis melibatkan peradangan jangka panjang yang dapat bertahan selama bertahun-tahun jika tidak ditangani.

Apa penyebab maag yang paling sering?

Penyebab paling umum dalam kasus maag adalah infeksi bakteri Helicobacter pylori. Bakteri Helicobacter pylori menyebabkan maag dan juga bertanggung jawab atas sebagian besar tukak lambung. Ulkus peptikum adalah lubang di lapisan perut, duodenum, atau kerongkongan. Bakteri Helicobacter pylori dianggap sebagai penyebab gangguan pencernaan dan faktor yang berkontribusi dalam perkembangan kanker perut.

Apakah maag memiliki gejala?

Dalam banyak kasus, maag tidak memiliki gejala. Gejala umum dapat meliputi:

  • Kehilangan selera makan
  • Nyeri di perut bagian atas tepat di bawah tulang rusuk
  • Mual atau gangguan pencernaan
  • Cegukan
  • Muntah
  • Darah di muntah
  • Penurunan berat badan
  • Darah dalam usus, jika lapisan perut telah memborok (ini mengubah feses menjadi hitam dan disebut melaena).

Baca juga : “Tips-Tips Menjaga Lambung Tetap Sehat di Pusat Propolis

Jika tidak diobati, gastritis dapat menyebabkan tukak lambung dan pendarahan lambung. Jarang, beberapa bentuk gastritis kronis dapat meningkatkan risiko kanker lambung, terutama jika Anda mengalami penipisan yang luas pada lapisan perut dan perubahan dalam sel-sel lapisan itu.

Sekian informasi Penyakit Maag ini, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *