Perawatan penyakit jantung koroner di rumah

Perawatan penyakit jantung koroner di rumah – Jantung koroner adalah penyakit jantung yang disebabkan oleh penumpukan kolesterol, lemak, atau zat lainnya pada dinding pembuluh darah. Jantung merupakan organ vital pusat aliran darah pada tubuh. Seiring bertambahnya usia, keelastisan pembuluh darah semakin menurun, diiringi dengan radikal bebas dan plak lemak yang hinggap di dinding pembuluh darah. Penyakit jantung koroner secara medis disebut juga penyakit jantung iskemik. Penyakit ini termasuk salah satu penyebab kematian tertinggi di Indonesia. Sekitar 35 persen kematian penduduk Indonesia disebabkan oleh penyakit jantung.

Perawatan penyakit jantung koroner di rumah

Penyebab Jantung Koroner 

Penyakit jantung koroner terjadi ketika arteri koronaria (arteri yang memasok darah ke otot jantung) menjadi mengeras dan menyempit. Hal ini disebabkan penumpukan kolesterol dan bahan lainnya, yang disebut plak, pada dinding pembuluh darah. Penumpukan ini disebut aterosklerosis. Plak akan semakin besar sehingga aliran darah ke otot jantung semakin sedikit dan semakin sulit. Akibatnya, otot jantung tidak bisa mendapatkan darah atau oksigen yang dibutuhkan. Ketika jaringan kurang asupan, maka hal itu akan direspons sel sebagai apa yang kita kenal dengan “nyeri dada khas” yang disebut dengan “angina”, atau jika arteri koronaria tersumbat total, maka pasien dapat jatuh ke dalam kondisi “serangan jantung”. Serangan jantung inilah yang merupakan kegawatan medis karena menyebabkan kerusakan jantung permanen atau bahkan kematian.

Perawatan penyakit jantung koroner di rumah

Perawatan penyakit jantung koroner di rumah

Gejala Jantung Koroner

Jika plak belum mengganggu aliran darah, atau belum ada robekan plak, maka belum tentu ada gejala yang ditimbulkan. Namun, jika plak sudah cukup besar, maka gejala yang ditimbulkan adalah sebagai berikut:

  • Nyeri dada atau ketidaknyamanan pada dada, nyeri ini bisa menjalar ke leher, rahang, bahu, dan tangan sisi kiri, punggung, perut sisi kiri (sering dianggap maag). Nyeri ini ringan sampai dengan berat. Nyeri dada ini disebut dengan “angina” yang dapat bertahan selama beberapa menit. Jika plak belum menyumbat arteri koronaria secara total, maka angina akan mereda dengan sendirinya. Jika angina bertahan terus-menerus, maka segera bawa diri Anda ke dokter.
  • Keringat dingin, mual, muntah, atau mudah lelah.
  • Irama denyut jantung yang tidak stabil (aritmia) bahkan bisa menyebabkan henti jantung (sudden cardiac arrest) yang bila tidak ditangani dengan cepat dapat menyebabkan kematian.

Baca Juga : Apakah penyakit cantengan berbahaya”

Cara Perawatan Bagi Penderita Penyakit Jantung Koroner Paling Efektif
Apabila anda telah mengalami gejala yang tersebut diatas maka anda harus mengetahui cara perawatan bagi penderita penyakit jantung koroner yang paling efektif, berikut ini adalah cara yang perlu anda lakukan agar mencegah penyakit ini semakin mengancam kesehatan bahkan nyawa anda, diantaranya adalah :

  1. Segera ubah gaya hidup anda dengan menjalankan diet sehat, dengan mengkonsumsi lebih makanan rendah kolesterol dan mengutamakan makanan yang dapat menurunkan darah tinggi seperti sayuran dan buah-buahan.
  2. Hentikan kebiasaan yang tidak sehat seperti merokok dan mengkonsumsi minuman beralkohol
  3. Melakukan aktivitas olahraga secara teratur, konsisten dan disiplin
  4. Kurangi stress berlebihan, apabila dalam pekerjaan atau kehidupan sehari-hari mendapat tekanan yang cukup berat ambilah waktu sejenak untuk rileks sejenak, untuk menetralkan tekanan darah dan gula darah.
  5. Untuk perawatan secara medis penderita jantung koroner diberika obat penurun kolesterol, aspirin, anti koagulan, penyekat BETA dan ACE.

Perawatan penyakit jantung koroner di rumah

Perawatan penyakit jantung koroner di rumah – Propolis Menjaga daya tahan Tubuh, adalah zat yang digunakan oleh lebah madu untuk dua fungsi penting di sekitar sarang. Bayangkan sebuah koloni dengan 35000 anggota, masing-masing dari mereka memiliki ruang kecil, merangkak di atas ruang tetangga sebelah dan berbagi makanan dan pasokan yang sama. Dan yang menakjubkan lingkungan sarang dalam kondisi sangat bersih dan mampu mencegah perkembangan dan penyebaran bakteri. Kenapa bisa begitu? Ya, Semua bisa begitu karena peran dari sanitasi propolis.

Propolis brazillian hi tech nano

Propolis sangat bermanfaat pada Thymus yang merupakan tenaga kehidupan. Propolis membantu mengaktifkan kelenjar Thymus yang menjalankan sistem imunisasi tubuh. Kelenjar Thymus berada pada pangkal leher dan mengandung Lympocytes yang memberikan kekebalan pada kuman dan penyakit.

  • Sebagai Antibiotik Alami yang kuat terhadap Virus, Bakteri, Parasit, Jamur dll
  • Membantu Memperbaiki sistem imunitas tubuh dan vitalitas
  • Membantu Memperbaiki darah dan sistem pembuluh darah dan melindungi Jantung

 

Gratis Ongkos Kirim Seluruh Indonesia
Untuk Pembelian Minimal 1 Box (7Botol)
Ingat! Harga Ini Adalah Harga Promo, dan Sewaktu-waktu Bisa Naik.
PESAN SEKARANG JUGA Sebelum Harganya Naik!!..

Pesan Sekarang Propolis

 

 

 

Sumber :

  • https://doktersehat.com/jantung-koroner/
  • https://obatnyapenyakit.wordpress.com/2014/03/02/cara-perawatan-bagi-penderita-penyakit-jantung-koroner-yang-paling-efektif/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *