Perawatan penyakit tipes di rumah

Perawatan penyakit tipes di rumah – Demam tifoid atau biasa dikenal sebagai tipes adalah penyakit yang bisa menyebar melalui makanan, air, atau ditularkan dari orang yang terinfeksi (melalui fesesnya). Tipes disebabkan oleh bakteri Salmonella typhi. Bakteri ini biasanya ada dalam air yang terkontaminasi dengan feses dan bisa menempel pada makanan atau minuman yang Anda konsumsi.

Jika Anda sering jajan sembarangan dan daya tahan tubuh Anda sedang menurun, bisa saja Anda mengalami demam tifoid. Anak kecil mungkin lebih rentan terkena demam tifoid karena daya tahan tubuhnya belum sekuat orang dewasa atau bisa jadi karena anak kurang bisa menjaga kebersihannya saat makan.

Selain dari makanan atau minuman yang terkontaminasi bakteri S. typhi, tipes sesekali juga bisa disebabkan melalui kontak langsung dengan orang yang terinfeksi. Anda bisa mengalami infeksi bakteri S. typhi saat Anda mengonsumsi makanan yang ditangani oleh orang yang sedang demam tifoid.

Bisa saja orang yang terinfeksi itu lupa mencuci tangan setelah menggunakan toilet (terkadang bakteri S.typhi terdapat dalam urine) dan kemudian orang yang terinfeksi langsung menangani makanan, sehingga bakteri bisa berpindah ke makanan.

Perawatan penyakit tipes di rumah

Penyebab Tipes

Tifus disebabkan oleh bakteri Salmonella typhii yang masuk ke dalam usus manusia melalui makanan atau minuman yang terkontaminasi bakteri tersebut, hingga berkembang biak di saluran pencernaan. Gejala-gejala seperti demam, sakit perut, sembelit, atau diare akan timbul ketika bakteri ini berkembang biak di saluran pencernaan.

Beberapa faktor risiko penyakit tifus, di antaranya:

  • Sanitasi buruk. Di negara seperti Indonesia, penyebaran bakteri Salmonella typhii biasanya terjadi melalui konsumsi air yang terkontaminasi tinja yang yang mengandung bakteri Salmonella typhii, juga dari makanan yang dicuci dengan menggunakan air yang terkontaminasi. Kondisi ini terutama disebabkan oleh buruknya sanitasi dan akses air bersih.
  • Bakteri juga dapat menyebar jika orang yang telah terinfeksi tidak mencuci tangan sebelum menyentuh atau mengolah makanan. Penyebaran bakteri terjadi ketika ada orang lain yang menyantap makanan yang tersentuh tangan penderita.
  • Mengonsumsi sayur-sayuran yang menggunakan pupuk dari kotoran manusia yang terinfeksi.
  • Mengonsumsi produk susu yang telah terkontaminasi.
  • Menggunakan toilet yang terkontaminasi bakteri. Anda akan terinfeksi jika menyentuh mulut sebelum mencuci tangan setelah buang air.
  • Melakukan seks oral dengan pembawa bakteri Salmonella typhii.

Baca Juga : Perawatan penyakit jantung koroner di rumah”

Perawatan penyakit tipes di rumah – Jika tidak segera diobati, Salmonella typhii akan menyebar ke seluruh tubuh dengan memasuki pembuluh darah. Gejala tifus akan diperburuk jika bakteri telah menyebar ke luar sistem pencernaan. Selain itu, bakteri yang menyebar dapat merusak organ dan jaringan, serta menyebabkan komplikasi serius. Kondisi yang paling umum terjadi adalah perdarahan internal atau usus bocor.

Perawatan Penyakit Tipes

Pengobatan tipes sebenarnya dapat dilakukan baik di rumah maupun di rumah sakit. Yang terpenting adalah, perawatan tipes itu dapat memberikan Anda istirahat yang benar-benar total selama beberapa minggu hingga kondisi Anda pulih secara keseluruhan, karena gejala yang ditimbulkan tipes umumnya akan membuat Anda benar-benar merasa lemas.

Perawatan penyakit tipes di rumah – Selain istirahat total, Anda juga harus bisa memastikan kadar kandungan cairan dalam tubuh Anda cukup, serta kebersihan dan nutrisi dari makanan dan minuman yang Anda konsumsi terjaga. Ingat, penyebab Anda terserang tipes adalah makanan dan minuman yang tidak bersih, dan Anda bisa saja menularkan bakteri tersebut ke orang-orang di sekitar Anda.

Perawatan tipes Anda sebaiknya ditangani di rumah sakit, bila:

  • Gejala yang Anda alami memburuk, seperti muntah-muntah, diare, hingga pembengkakan pada bagian perut.
  • Pasien tipes tersebut masih anak-anak atau balita.
  • Serangan tipes tersebut justru berkembang menjadi komplikasi tipes pada sistem pencernaan, berupa pendarahan di dalam dan perlubangan yang menyebar ke jaringan-jaringan yang ada di sekelilingnya.

Selain itu, penyakit yang disebabkan oleh serangan bakteri biasanya akan ditangani dengan antibiotik. Bila perawatan tipes Anda dilakukan di rumah sakit, perlakuan yang Anda terima biasanya akan berupa pemberian injeksi antibiotik serta pemasukan nutrisi dan cairan ke dalam tubuh Anda melalui jarum infus. Sedangkan bila perawatan tipes Anda dilakukan di rumah, pemberian antibiotik akan dilakukan melalui mulut (oral).

Perawatan penyakit tipes di rumah

Perawatan penyakit tipes di rumah – Propolis Menjaga daya tahan Tubuh, adalah zat yang digunakan oleh lebah madu untuk dua fungsi penting di sekitar sarang. Bayangkan sebuah koloni dengan 35000 anggota, masing-masing dari mereka memiliki ruang kecil, merangkak di atas ruang tetangga sebelah dan berbagi makanan dan pasokan yang sama. Dan yang menakjubkan lingkungan sarang dalam kondisi sangat bersih dan mampu mencegah perkembangan dan penyebaran bakteri. Kenapa bisa begitu? Ya, Semua bisa begitu karena peran dari sanitasi propolis.

Propolis brazillian hi tech nano

Propolis sangat bermanfaat pada Thymus yang merupakan tenaga kehidupan. Propolis membantu mengaktifkan kelenjar Thymus yang menjalankan sistem imunisasi tubuh. Kelenjar Thymus berada pada pangkal leher dan mengandung Lympocytes yang memberikan kekebalan pada kuman dan penyakit.

  • Sebagai Antibiotik Alami yang kuat terhadap Virus, Bakteri, Parasit, Jamur dll
  • Membantu Memperbaiki sistem imunitas tubuh dan vitalitas
  • Membantu Memperbaiki darah dan sistem pembuluh darah dan melindungi Jantung

 

Gratis Ongkos Kirim Seluruh Indonesia
Untuk Pembelian Minimal 1 Box (7Botol)
Ingat! Harga Ini Adalah Harga Promo, dan Sewaktu-waktu Bisa Naik.
PESAN SEKARANG JUGA Sebelum Harganya Naik!!..

Pesan Sekarang Propolis

 

 

Sumber :

  • https://hellosehat.com/hidup-sehat/fakta-unik/bedanya-gejala-tipes-pada-anak/
  • https://hellosehat.com/hidup-sehat/tips-sehat/pengobatan-tipes-opname-rumah-sakit/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *