Propolis Bagi Penderita Gagal Ginjal

Propolis Bagi Penderita Gagal Ginjal – Apa itu gagal ginjal? Ginjal terletak di kedua sisi tulang belakang, tepatnya di atas pinggang, ginjal memiliki fungsi utama untuk menyaring darah. Dari fungsi penyaringan ini, ginjal akan memisahkan limbah yang beracun, mengatur keseimbangan cairan elektrolit, dan mengontrol keseimbangan cairan dalam tubuh. Selain itu, ginjal juga berfungsi untuk memproduksi hormon dan enzim yang membantu dalam mengendalikan tekanan darah, membuat sel darah merah dan menjaga tulang tetap kuat.

Propolis Bagi Penderita Gagal Ginjal

Nah, apabila seseorang mengalami gagal ginjal, artinya ginjalnya tidak dapat menyaring kotoran, tidak mampu mengontrol jumlah air dalam tubuh, dan tidak bisa mengendalikan tekanan darah. Saat kondisi ini terjadi, kadar racun dan cairan berbahaya akan terkumpul di dalam tubuh dan dapat berakibat fatal jika tidak diobati. Hal inilah yang nantinya memberikan masalah bagi kesehatan Anda.

Penyakit gagal ginjal dibagi menjadi dua tahap, yaitu:

  • Penyakit gagal ginjal Akut (GGA): kondisi ini terjadi saat ginjal Anda tiba-tiba mengalami kerusakan secara mendadak sehingga tidak bisa berfungsi sebagaimana mestinya.
  • Penyeakit gagal ginjal kronis (GGK): kondisi ini terjadi di mana fungsi ginjal mulai menurun secara progresif dalam beberapa bulan atau beberapa tahun yang sering hilang timbul. Umumnya gagal ginjal kronis timbul akibat dari kerusakan ginjal yang sudah parah dan bersifat permanen (irreversibel).

Penyebab Gagal Ginjal Akut

Kehilangan fungsi ginjal secara mendadak juga bisa disebut cedera ginjal akut. Cedera ginjal akut memiliki tiga penyebab gagal ginjal utama, yakni;

  • Kurangnya aliran darah ke ginjal
  • Kerusakan langsung pada ginjal itu sendiri
  • Penyumbatan urin dari ginjal

Sedangkan penyebab gagal ginjal akut yang umum termasuk:

  • Trauma cedera dengan kehilangan darah
  • Dehidrasi
  • Kerusakan ginjal akibat dari syok selama infeksi berat yang disebut sepsis
  • Obstruksi aliran urin, seperti dengan pembesaran prostat
  • Kerusakan dari obat-obatan tertentu atau toksin
  • Komplikasi kehamilan, seperti eklampsia dan preeklampsia, atau terkait sindrom HELLP.

Pelari maraton dan atlet lainnya yang tidak minum cukup cairan saat berkompetisi dengan durasi waktu yang lama mungkin menderita gagal ginjal akut karena kerusakan jaringan otot secara mendadak. Kerusakan otot ini melepaskan sejumlah besar protein ke dalam aliran darah yang disebut mioglobin yang dapat merusak ginjal.

Penyebab Gagal Ginjal Kronis

Propolis Bagi Penderita Gagal Ginjal – Kerusakan ginjal dan penurunan fungsi yang berlangsung lebih dari 3 bulan disebut penyakit ginjal kronis. Penyakit ginjal kronis sangat berbahaya, karena Anda mungkin tidak memiliki gejala gagal ginjal apapun sampai akhirnya menjadi parah.

Seringnya, saat diobati, kerusakan ginjal sudah terlanjur terjadi. Diabetes (tipe 1 dan 2) dan tekanan darah tinggi adalah penyebab paling umum dari penyakit ginjal kronis. Penyebab gagal ginjal kronis lainnya adalah:

  • Kondisi sistem kekebalan tubuh seperti lupus dan penyakit virus kronis seperti HIV/AIDS, hepatitis B, dan hepatitis C.
  • Infeksi saluran kemih di dalam ginjal itu sendiri, yang disebut pielonefritis, dapat menyebabkan luka saat pemulihan infeksi. Beberapa episode dapat menjadi penyebab gagal ginjal kronis
  • Peradangan pada filter kecil (glomeruli) dalam ginjal ini bisa terjadi setelah infeksi strep dan kondisi lain yang penyebabnya tidak diketahui.
  • Penyakit ginjal polikistik, di mana kista berisi cairan terbentuk di ginjal dari waktu ke waktu. Ini adalah bentuk paling umum dari turunan penyakit ginjal.
  • Cacat bawaan, hadir pada saat lahir, akibat dari obstruksi saluran kemih atau malformasi yang mempengaruhi ginjal; salah satu yang paling umum melibatkan mekanisme seperti katup antara kandung kemih dan uretra. Cacat ini, kadang-kadang ditemukan saat bayi masih dalam kandungan, sering dapat diperbaiki melalui pembedahan oleh ahli urologi.
  • Obat dan racun, termasuk paparan jangka panjang untuk beberapa obat dan bahan kimia, seperti NSAID (obat anti-inflamasi nonsteroid), seperti ibuprofen dan naproxen, dan penggunaan intravena obat “jalanan.”

Propolis Bagi Penderita Gagal Ginjal – Tahap akhir penyakit ginjal terjadi ketika sekitar 90 persen dari fungsi ginjal telah hilang. Orang dengan gejala dari penyebab gagal ginjal mungkin mengalami mual, muntah, lemas, kelelahan, kebingungan, sulit berkonsentrasi, dan kehilangan nafsu makan. Hal ini dapat didiagnosis dengan tes darah dan urin.

Propolis Bagi Penderita Gagal Ginjal

Propolis Bagi Penderita Gagal Ginjal

Gejala Gagal Ginjal

  • Perubahan buang air kecil

Ginjal bekerja keras sepanjang hari untuk menghasilkan urin; Oleh karena itu, ketika ia tidak bekerja secara normal, maka yang langsung dapat kita amati adalah adanya perubahan atau tanda-tanda abnormal pada urin. Sering Kencing. Gejala pertama dan terpenting adalah sering buang air kecil, terutama pada malam hari, mungkin merupakan indikasi awal bahwa seseorang bisa menderita gagal ginjal. Perubahan warna Urin. Hal lain yang dapat kita lihat adalah warna urin; yang biasanya berwarna kuning jernih menjadi keruh atau kuning keckolatan. Penting juga untuk diperhatikan bahwa orang-orang yang banyak minum air putih sepanjang hari mungkin memiliki warna lebih terang dari urin, itu tidak harus jelas, melainkan redup kuning. Urin berbusa. Perubahan lain dalam buang air kecil yaitu urin berbusa, atau hampir tampak seolah-olah berbuih. Kencing Berdarah. Darah dalam urin juga merupakan tanda-tanda bahwa ginjal berada dalam kesulitan.

  • Bengkak pada Tungkai

Ketika ginjal berhenti bekerja secara normal, maka ada banyak cairan ekstra yang gagal di buang oleh tubuh, cairan ini akan menempati ruang di mana saja di dalam tubuh. Itu sebabnya salah satu ciri-ciri gagal ginjal yang bisa kita lihat adalah pembengkakan pada kaki, lengan, tangan, atau wajah karena akumulasi cairan. Pada awalnya, sebagian besar individu melihat pergelangan kaki mereka bengkak pada malam hari, atau wajah bengkak entah dari mana; dan kemudian mereka dapat mulai melihat pembengkakan meluas ke area lain dari tubuh. Namun perlu dipahami, bahwa tungkai bengkak bisa menjadi tanda dan gejala dari berbagai penyakit lainnya, yang tidak berhubungan dengan gagal ginjal. Jika Anda melihat ini terjadi pada Anda atau keluarga Anda, maka sangat kami anjurkan untuk berkunjung ke dokter guna memastikan penyebabnya.

  •  Kelelahan Ginjal

bekerja keras sepanjang hari, tidak hanya memproduksi urine, tetapi juga membuat erythropoietin, yang merupakan hormon yang diperlukan untuk membuat sel-sel darah merah. Ketika ginjal rusak, maka produksi erythropoietin bisa turun dan sebagai akibatnya bisa terjadi anemia. Untungnya, anemia dapat diobati dengan penanganan yang tepat, bagaimanapun, anemia ini bukan satu-satunya alasan mengapa orang-orang yang menderita penyakit ginjal dan gagal ginjal tamak begitu lelah atau lemas. Alasan lain yaitu ketidakseimbangan elektrolit, yang dapat menyebabkan kelemahan otot. Sayangnya, mereka yang menderita gagal ginjal akhirnya merasa lemah dan lelah, bahkan setelah istirahat cukup. Kelelahan ini akan mengganggu rutinitas sehari-hari secara signifikan, di mana pasien begitu lelah, mereka tidak dapat pergi bekerja, atau bahkan melakukan tugas sederhana seperti membersihkan rumah, berpakaian, atau bahkan menyiapkan makanan.

  • Kulit gatal Ginjal

Propolis Bagi Penderita Gagal Ginjal – juga mengambil partikel limbah dari darah, sehingga ketika ginjal tidak berfungsi dengan baik pada individu, hasilnya limbah tubuh akan keluar melalui darah dan menyebar ke kulit. Dengan demikian, maka terjadilah gejala gagal ginjal berupa kulit kering, bercak kulit gatal di seluruh tubuh yang sering muncul pada tungkai, punggung, kepala, dan dada. gatal parah ini bisa sangat tidak nyaman, dan dapat mengalihkan perhatian pasien dari kegiatan sehari-hari. Obat gatal berupa krim tidak bisa meredakan gatal ini, dan memeriksakan diri ke dokter merupakan suatu keharusan.

  • Mulut Rasa Logam

Ketika seseorang menderita masalah ginjal, dia juga bisa mengalami uremia; salah satu tahap akhir penyakit ginjal. Pada kondisi ini partikel limbah menumpuk berlebihan di dalam tubuh seseorang, salah satu gejala yang dirasakan adalah mulut terasa tak enak seperti ada rasa logam di mulut. Oleh karena itu, makanan akan terasa berbeda, dan sering beberapa penderita penyakit ginjal melaporkan mereka tidak lagi bisa mengkonsumsi beberapa makanan favorit, seperti daging, atau roti karena rasa busuk di mulut. Kemudian, terjadilah efek domino akibat kehilangan selera makan ini, dengan tidak adanya vitamin dan mineral yang memasuki tubuh, maka akan meningkatkan rasa lelah dan lemah yang sudah ada.

  • Mual Muntah

Muntah merupakan suatu pengalaman yang tidak pernah menyenangkan, namun sayangnya gejala ini adalah ciri-ciri gagal ginjal yang hampir selalu ada. Ketika pasien mulai mengalami kulit gatal, maka biasanya akan diiringi dengan mual konstan, diikuti oleh muntah selama beberapa hari. Ditambah lagi rasa mulut yang tidak enak ketika makan makanan. Mereka yang menderita gagal ginjal sering bingung membedakan apakah mual dan muntah ini gejala penyakit biasa atau masalah serius sehingga banyak yang tidak mencari pengobatan untuk masalah ginjal untuk mencegahnya agar tidak menjadi parah.

  • Nafas Tidak Lega

Ketika seseorang mengalami kesulitan bernapas, maka yang perlu kita tahu adalah ada sesuatu dalam tubuh tidak beres. Napas tak lega bisa dimaksudkan sebagai nafas pendek atau sesak nafas apabila ini terjadi ketika tidak sedang beraktifitas berat, maka ada kecurigaan bahwa itu gejala gagal ginjal. Hal ini bisa terjadi akibat perjalanan cairan ke paru-paru, dan tubuh yang kekurangan sel darah merah karena menurunnya fungsi ginjal.

  • Gangguan Memori

Ketika anda beranjak tua, Anda cenderung menjadi lebih pelupa; Namun, itu bukan jenis kehilangan memori yang disebabkan oleh penyakit ginjal. Gangguan memori akibat gagal ginjal terjadi akibat kurangnya konsentrasi yang diikuti oleh pusing yang disebabkan oleh peningkatan kadar racun dalam darah karena kerusakan ginjal. Kondisi ini tidak berdiri sendiri, jadi harus diperhatikan adanya ciri-ciri gagal ginjal yang lainnya.

  • Kedinginan dan Menggigil

Ketika suhu udara tidak dingin namun merasa kedinginan bahkan menggigil, maka kita patut curiga adanya masalah dalam tubuh. Dan harus diwaspadai karena ini merupakan salah satu gejala gagal ginjal yang terjadi akibat anemia atau kekurangan sel-sel darah merah. Meningkatkan asupan zat besi, minum lebih banyak air, dan tentu saja menjalankan perawatan ginjal yang disarankan dokter, semua itu akan membantu mengatasi gejala ini.

  • Nyeri Pinggang

Flank area adalah daerah pinggang kanan dan kiri bertepatan dengan perut bagian atas sampai tengah di sisi pinggir kanan dan kiri. Lokasi ini bertepatan dengan keberadaan ginjal, dan ketika ada nyeri di daerah ini, maka patut dicurigai adanya gangguan ginjal berat. Memang rasa sakit di pinggang ini tidak selalu disebabkan oleh masalah ginjal (baca: Penyebab Sakit Pinggang). Oleh sebab itu perhatikan juga apakah pola kemih telah berubah drastis, atau adakah darah dalam urin, jika demikian maka kita patut curiga dan segera memeriksakan diri ke dokter.

Baca Juga : Manfaat Propolis Bagi Kulit”

Cara Menjaga Kesehatan Ginjal

Propolis Bagi Penderita Gagal Ginjal – Beberapa Cara untuk menjaga dan terhindar dari penyakit gagal ginjal :

  • Berolahraga secara rutin

Kebanyakan penyakit ginjal kronik dimulai dari penyakit-penyakit kronik lainnya seperti diabetes melitus dan hipertensi, dengan
berolahraga secara rutin, Anda secara tidak langsung menghindari penyebab utama penyakit ginjal kronik.

  • Minumlah dengan cukup

Dengan meminum air putih sebanyak 2 liter/hari akan mempermudah kerja ginjal dan menjaga kesehatan ginjal. Kenapa tidak boleh
juga berlebihan? Selain kekurangan cairan dapat memperberat kerja ginjal, ternyata kelebihan cairan juga dapat membuat ginjal kita bekerja ekstra.

  • Jangan mengkonsumsi obat sembarangan

Hmmm…mengkonsumsi obat yang tepat dan sesuai dosis atau anjuran tentunya akan aman dan tidak menyebabkan kerusakan ginjal. Hal ini sangat berlawanan dengan penggunaan obat yang sembarangan dan tidak dalam pengawasan dokter atau apoteker. Sebagian besar obat dimetabolisme di Ginjal, jadi tanya dahulu sebelum anda mengkonsumsi obat!

  • Hentikan Rokok

Rokok adalah musuh bagi tubuh ini, rokok membunuhmu! Tumpukan tardan nikotin dalam darah akan memperberat kerja ginjal dan organ-organ lainnya.

  • Jaga Tekanan Darah

Tekanan darah tinggi akan memaksa ginjal lebih berat dan hampir 50% penderita ginjal kronik disebabkan oleh Tekanan Darah Tinggi yang tidak terkontrol dan Obat-obat penurun tekanan darah tinggi sama sekali tidak merusak ginjal malah melindungi ginjal dari kerusakan.

  • Jaga Gula Darah

Diabetes adalah penyebab utama dari kerusakan ginjal, dengan menjaga kadar gula darah, secara langsung anda menyelamatkan ginjal dan obat-obatan penurun gula darah tidak merusak ginjal dan memberatkan kerja ginjal.

Sayangi Ginjal Anda, Jangan Biarkan Ia Terlalu Berat Bekerja!

Propolis Bagi Penderita Gagal Ginjal

Propolis Bagi Penderita Gagal Ginjal – Propolis sangat bermanfaat pada Thymus yang merupakan tenaga kehidupan. Propolis membantu mengaktifkan kelenjar Thymus yang menjalankan sistem imunisasi tubuh. Kelenjar Thymus berada pada pangkal leher dan mengandung Lympocytes yang memberikan kekebalan pada kuman dan penyakit.

 

propolis

 

Propolis Bagi Penderita Gagal Ginjal – Propolis mengandung antiseptik alami yang sudah digunakan sejak jaman mesir kuno. Propolis banyak dimanfaatkan untuk membantu mempercepat penyembuhan luka. Selain bersifat sebagai antiseptik alami, propolis juga bersifat sebagai antiinflamasi sehingga juga bermanfaat untuk membantu mencegah peradangan pada luka. Propolis juga banyak digunakan sebagai obat kumur.

 

 

 

Sumber :

  • https://hellosehat.com/hidup-sehat/tips-sehat/gejala-awal-gagal-ginjal/
  • https://mediskus.com/penyakit/10-ciri-ciri-dan-gejala-gagal-ginjal
  • http://ikcc.or.id/news/bagaimana-cara-menjaga-kesehatan-ginjal/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *