Propolis brazillian apa bahaya penyakit maag

Propolis brazillian apa bahaya penyakit maag – Pengertian sakit maag lebih banyak dikenal sebagai penyakit akibat sering terlambat makan atau pola makan yang tidak teratur. Penyakit ini sering diabaikan akibat kurang pahamnya masyarakat akan efek samping yang ditimbulkan oleh penyakit ini. Bahkan untuk usia di atas 50 tahun, setiap gejala terkait dengan penyakit maag harus dianggap serius karena ada kemungkinan terkait dengan kondisi jantung penderita.

Propolis brazillian apa bahaya penyakit maag

Maag disebabkan oleh luka pada lambung yang tidak segera terobati dan berakibat infeksi bakteri Helicobacter pylori. Luka ini terjadi oleh banyak sebab, yang paling   umum adalah pola makan tidak teratur atau sensitif terhadap menu makanan tertentu seperti rasa pedas atau yang lainnya dan ada juga penyebab lain seperti efek samping penggunaan obat antinflamasi nonsteroid (OAINS). Maag bisa mudah kambuh atau terjadi jika dipicu oleh stres, karena stres akan membuat syaraf mengeluarkan hormon berlebih yang mengganggu kinerja lambung secara keseluruhan.

Beberapa gejala maag biasanya sudah akrab dengan masyarakat seperti nyeri pada perut bagian atas, sakit terasa panas, perut terasa penuh alias cepat merasa kenyang, mual dan kembung dan sebagainya. Dalam banyak kasus jika tidak diobati atau obatnya tidak cocok terjadi refleks dimana makanan atau cairan akan masuk dari lambung ke kerongkongan yang membuat penderita sering bersen­dawa dan terasa nyeri ulu hati yang berujung pada muntah.

Komplikasi Penyakit Maag yang Perlu Diwaspadai

Penyakit maag bisa berbahaya dan menimbulkan komplikasi jika terlambat dalam penanganan. Beberapa komplikasi dari penyakit maag ini perlu diantisipasi oleh penderita agar tidak fatal nantinya:

  • Penyempitan esofagus atau penyempitan saluran kerongkongan yang bisa membuat penderita susah menelan atau bahkan sesak nafas. Gejalanya nyeri dada dan terasa sakit di tenggorokan akibat adanya luka atau infeksi di kerongkongan.
  • Esofagus Barrett atau luka dan infeksi yang terjadi akibat asam lambung di kerongkongan dalam jumlah berlebih. Jika tidak ditangani dengan baik, penumpukan jaringan sel di bagian bawah kerongkongan bisa memicu munculnya sel kanker. Jika sudah menjadi kanker kerongkongan akan makin beresiko fatal bagi penderita.
  • Stenosis pilorus akibat asam lambung berlebih. Di dalam lambung terdapat area pilorus yang bisa terinfeksi akibat maag yang tidak diobati sehingga bisa mempersempit pilorus. Dampaknya proses pencernaan tidak sempurna yang ditAndai dengan gejala muntah-muntah.

Diantara komplikasi penyakit diatas, yang paling fatal adalah jika sampai terjadi kanker kerongkongan karena akan merusak fungsi kerongkongan dan saluran pencernaan secara umum.

Propolis brazillian apa bahaya penyakit maag

Propolis brazillian apa bahaya penyakit maag

Bahaya Maag

Jangan sepelekan penyakit maag, karena jika tidak ditangani dengan baik, maag bisa mengakibatkan terjadinya perforasi lambung (lambung menjadi bolong). Sakit maag ditandai dengan meningkatnya asam lambung, dan bila dibiarkan hingga kronis akan menyebabkan tukak lambung dan jika dibiarkan lagi maka akan menjadi perforasi gaster (lambung).

Tukak lambung adalah luka pada lapisan dalam dari lambung yang mengakibatkan timbulnya rasa nyeri pada saluran cerna. Sedangkan perforasi gaster adalah bocornya atau bolongnya lambung yang menyebabkan asam lambung atau isi makanan tumpah ke dalam rongga perut, sehingga menyebabkan rasa yang amat sakit dan mendadak.

Baca Juga : Propolis brazillian apa bahaya penyakit rubella”

Pencegahan Maag agar Tidak Kambuh Kembali

Sakit maag termasuk jenis penyakit yang mudah kambuh karena lambung biasanya sensitif terhadap pola makan dan juga menu yang dimakan. Untuk mengantisiasi hal ini beberapa hal yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah sebagai berikut:

  • Hindari kafein atau alkohol (pahami juga apakah sakit maag disebabkan oleh kedua zat ini atau bukan).
  • Pola makan teratur dan kurangi makanan-makanan yang sensitif terhadap lambung
  • Idealnya makan dalam porsi sedang/kecil namun sering jika sudah pernah sakit maag, bisa empat atau lima kali sehari dengan porsi masing-masing yang lebih sedikit.
  • Hindari rasa was-was dan juga stres. Bantuan psikiater bisa diperlukan jika mendesak atau tidak bisa diatasi dengan relaksasi biasa.

Jika ditangani dengan baik sakit maag tidaklah berbahaya, namun penderita harus paham cara mencegahnya dengan gaya hidup sehat mengingat maag termasuk penyakit yang gampang kambuh.

Propolis brazillian apa bahaya penyakit maag

Propolis brazillian apa bahaya penyakit maag – Manfaat propolis bagi kehidupan manusia sangatlah baik untuk kesehatan kulit dan berkhasiat luar biasa. Mengingat propolis sendiri adalah membantu dalam proses antibiotik alami.

Propolis juga diduga dapat membantu penyembuhan luka yang disebabkan oleh virus. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa penyembuhan luka lebih cepat jika dibandingkan dengan pengobatan konvensional. Tapi, pernyataan ini masih perlu diuji untuk membuktikan hasil yang lebih kuat.

Obat Ampuh Gigi Yang Berlubang

 

Propolis mengandung antiseptik alami yang sudah digunakan sejak jaman mesir kuno. Propolis banyak dimanfaatkan untuk membantu mempercepat penyembuhan luka. Selain bersifat sebagai antiseptik alami, propolis juga bersifat sebagai antiinflamasi sehingga juga bermanfaat untuk membantu mencegah peradangan pada luka. Propolis juga banyak digunakan sebagai obat kumur.

 

Gratis Ongkos Kirim Seluruh Indonesia
Untuk Pembelian Minimal 1 Box (7Botol)
Ingat! Harga Ini Adalah Harga Promo, dan Sewaktu-waktu Bisa Naik.
PESAN SEKARANG JUGA Sebelum Harganya Naik!!..

 

 

 

Sumber :

  • https://www.cermati.com/artikel/sakit-maag-gejala-maag-ciri-ciri-sakit-maag-penyebab-dan-pecegahan-penyakit-maag-yang-perlu-kamu-tahu
  • https://www.klikdokter.com/rubrik/read/2699617/apa-dampak-jika-mengabaikan-penyakit-maag

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *