Propolis Menyembuhkan Luka Hingga Antikanker

Propolis Menyembuhkan Luka Hingga Antikanker – Luka adalah salah satu jenis cedera pada kulit yang mengalami robek, teriris, atau tertusuk, atau ketika terkena benda tumpul sehingga menyebabkan memar.

Propolis Menyembuhkan Luka Hingga Antikanker

Kulit adalah penghalang dunia luar yang melindungi tubuh dari infeksi, radiasi, dan temperatur yang ekstrem. Ada banyak jenis luka yang dapat merusak kulit termasuk luka lecet (abrasi), luka robek (laserasi), cedera ruptur, tusukan, dan luka menembus lapisan kulit. Banyak luka dengan kedalaman yang dangkal membutuhkan pertolongan pertama termasuk pembersihan luka dan pembalutan luka.

Beberapa luka yang lebih dalam perlu mendapat pertolongan medis untuk mencegah infeksi dan mencegah kehilangan fungsi jaringan, karena kerusakan struktur yang mendasari seperti tulang, otot, tendon, arteri dan saraf. Tujuan dari perawatan medis untuk luka adalah untuk mencegah komplikasi dan mempertahankan fungsi. Meskipun penting, kecantikan dan kosmetika bukanlah pertimbangan utama untuk perbaikan luka.

Gigitan hewan dan manusia harus diperiksa oleh dokter, karena tingginya tingkat infeksi. Penting untuk mengetahui status imunisasi tetanus seseorang – kapan seseorang mendapatkan suntikan tetanus atau vaksin penguat tetanus (booster) dalam 5 tahun terakhir – sehingga dapat diperbarui dengan booster tetanus jika diperlukan.

Kulit adalah organ sensorik besar yang berinteraksi dengan lingkungan, dan mengirimkan sinyal ke otak tentang rangsang sentuhan, nyeri, getaran, dan posisi.

Faktor Penyebab Luka

  • Mekanik contohnya  trauma benda Tumpul, benda tajam, senjata api dan bahan peledak
  • Fisik contohnya Karena Paparan Suhu, Panas, dingin, dan aliran Listrik
  • Kimia contohnya paparan zat Asam dan Basa

Baca Juga : Propolis Untuk Jerawat Dan Bekasnya”

Propolis Menyembuhkan Luka Hingga Antikanker

Propolis Menyembuhkan Luka Hingga Antikanker

Macam-macam Jenis luka

  • Luka Memar

Kondisi yang disebabkan karena Rusaknya pembuluh darah pada bagian tubuh tertentu sehingga darah meresap kejaringan sekitar, biasanya akibat hantaman benda tumpul.

  • Luka Lecet

Luka Lecet adalah Luka Yang terjadi karena kerusakan pada bagian atas kulit, buasanya kulit menjadi merah, adanya lesi, berdarah, dan keluar rembesaran cairan bening

  • Luka akibat Listrik

Terjadi karena akibat arus listrik mengaliri tubuh dan adanya lonjakan arus besar. atau bisa juga oleh petir.

  • Luka Robek

Luka yang terjadi karena  robeknya kulit bagian permukaan atau kulit beserta bagian jaringan dibawahnya. biasanya Akibat  hantaman benda tumpul yang sangat kuat sehingga melampaui tingkat elestisitas kulitdan otot

  • Luka Tusuk

yaitu luka akibat tertusuk benda tajam.

  • Luka Bakar.

luka akibat terbakar api langsung atau tidak langsung, juga termasuk paparan matahari dalam waktu lama, bahan kimia dan listrik juga memungkinkan untuk terjadinya luka bakar.

Pencegahan Luka Agar Tidak Infeksi

Segera bersihkan luka dengan sabun dan air selama 5 sampai 10 menit guna menghilangkan kotoran dan bakteri. Rendam luka tusukan di air sabun hangat selama 15 menit. Lakukan ini sesegera mungkin setelah cedera terjadi karena semakin lama Anda menunda, semakin sedikit manfaat yang bisa Anda dapat dari membersihkan luka. Oleskan salep antibiotik setelah Anda selesai membersihkan luka. Selain itu, ajarkan anak Anda untuk tidak menggaruk atau menyentuh luka bekas gigitan serangga, koreng, atau area kulit yang teriritasi. Jangan mencium luka yang terbuka karena luka akan terkontaminasi oleh banyak kuman dari mulut.

Propolis Menyembuhkan Luka Hingga Antikanker

Propolis sangat bermanfaat pada Thymus yang merupakan tenaga kehidupan. Propolis membantu mengaktifkan kelenjar Thymus yang menjalankan sistem imunisasi tubuh. Kelenjar Thymus berada pada pangkal leher dan mengandung Lympocytes yang memberikan ke

kebalan pada kuman dan penyakit.

 

 

Manfaat propolis bagi kehidupan manusia sangatlah baik untuk kesehatan kulit dan berkhasiat luar biasa.

Mengingat propolis sendiri adalah membantu dalam proses antibiotik alami.

Karena propolis sendiri adalah semacam lem lebah (air liur lebah) atau zat resin yang dikumpulkan oleh lebah madu dari sumber tumbuhan seperti aliran getah atau tunas pohon. Maka dari itu, warnanya pun tergantung pada sumber tumbuhan yang diambil oleh si lebah madu, namun biasanya berwarna cokelat tua.

Propolis sendiri pun bersifat lengket jika berada pada suhu 20 °C atau di atasnya, dan ia akan menjadi keras bila berada di suhu dibawah suhu tersebut

 

 

Sumber :

  • https://doktersehat.com/luka/
  • http://www.idmedis.com/2015/09/definisi-luka-dan-jenis-jenis-luka.html
  • https://hellosehat.com/kesehatan/pertolongan-pertama/infeksi-pada-luka/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *